NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Publika

Miliki Masalah Privasi Unggahan, Faceboook Peringatkan Penggunanya

Jum'at, 08 /06/ 2018 16:34:07 1386 Pembaca  

Kantor Facebook (Foto:techinasia.com)
Kantor Facebook (Foto:techinasia.com)

Transsulawesi.com, Banggai -- Facebook kembali mendapat masalah terkait privasi. Kali ini Sebanyak 14 juta pengguna mendapatkan masalah lantaran Facebook memiliki celah program (bug) yang mengubah pengaturan privasi unggahan menjadi "publik" secara otomatis.

"Kami ingin menyatakan permohonan maaf untuk kesalahan ini," jelas Erin Egan, Kepala Privasi Facebook dalam pernyataannya, seperti dikutip The New York Times, Kamis (7/6).

Dengan adanya bug ini, unggahan pengguna bisa terekspos ke publik, bahkan bisa dilihat oleh mereka yang tidak masuk daftar teman. Meski sebelumnya pengguna sudah mengatur agar postingan itu hanya bisa dilihat oleh daftar teman saja.

"Baru-baru ini kami menemukan bug yang secara otomatis menyarankan posting dibagikan ke publik saat pengguna membuat unggahan. Kami telah memperbaiki masalah ini dan mulai hari ini kami memberi tahu semua orang yang terkena bug," jelas Egan, seperti disebutkan Techcrunch.

Facebook menyebut bahwa bug ini aktif dari 18 Mei sampai 22 Mei. Erin mengatakan bug ini tidak mengubah pengaturan privasi unggahan sebelum tanggal 18 Mei tersebut.

Pada tanggal 27 Facebook baru bisa mengubah pengaturan privasi setiap pengguna kembali ke sebelum bug tersebut ada.

"Agar lebih jelas, bug ini tidak berdampak pada bug yang diunggah sebelum bug ini ada. Dan bug ini masih bisa memilih korban. Kami minta maaf atas kesalahan ini," ujar Erin.

Kesalahan ini terjadi karena Facebook saat membangun opsi "featured item" di profil pengguna yang berfungsi menyoroti foto-foto dan beragam konten lainnya.

"Featured Item" ini memang diatur untuk publik, tapi Facebook tidak sengaja memperpanjang pengaturan tersebut ke seluruh unggahan pengguna.

Facebook menyadari bahwa Facebook harus transaparan tentang produk dan pengaturan privasi, terutama saat membuat kesalahan.

Atas kesalahannya tersebut, Facebook memberikan notifikasi kepada 14 juta pengguna di seluruh dunia yang berpotensi terkena bug ini. Notifikasi ini merupakan anjuran kepada pengguna untuk meninjau ulang unggahan mereka dan menguncinya lebih ketat lagi.

Kedepannya Facebook berencana membuat notifikasi ini digunakan untuk memperingatkan pengguna tentang masalah privasi lainnya yang ditemukan.

(mhr)

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan