NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Aksi Korporasi

Aksi Donggi Senoro LNG Selamatkan Terumbu Karang Banggai

Jum'at, 08 /06/ 2018 09:41:02 2377 Pembaca  

Bupati Banggai IR. Herwin Yatim Saat menyerahkan demplot terumbu karang kepada kelomok nelayan. (Foto: Transsulawesi.com)
Bupati Banggai IR. Herwin Yatim Saat menyerahkan demplot terumbu karang kepada kelomok nelayan. (Foto: Transsulawesi.com)

Transsulawesi.com, Banggai -- PT. Donggi Senoro LNG melakukan transpalansi terumbu karang di Desa Tingki-Tingki, Kelurahaan Sisipan, Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai, Selasa, (5/6/2018). Kegiatan rehabilitasi terumbu karang yang bertepatan degan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini bertujuan mengembalikan kawasan terumbu karang di pantai Tingki-Tingki untuk kelangsungan kehidupan berbagai biota laut.

Sebanyak 251 bibit karang dengan menggunakan media Demontration Plot (Demplot) diletakkan di dua titik pada pantai Tingki-Tingki dan Pantai katudunan. Masing-masing titik berukuran 2,4 meter persegi. Uniknya, media Demplot yang digunakan terbuat dari batok kelapa. Karena selain lebih murah, batok kelapa lebih alami.

Untuk kegiatan transplansi terumbu karang kali ini, DSLNG menargetkan sekitar 500 demplot siap terpasang hingga agustus tahun ini.

Tidak hanya terumbu karang saja, DSLNG juga melakukan aksi tanam pohom cemara angin dipesisir pantai Tingki-Tingki. Sebanayak 500 bibit pohon cemara angin ditanam dipesisir pantai Tingki-Tingki, dengan target 1000 pohon.

Menurut pendamping CSR bidang perikanan DSLNG DWI Prayetno, aksi rehabilitasi terumbu karang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran nelayan akan pentingnya terumbu karang untuk kehidupan biota laut.

“dengan transplasi terumbu karang bisa mencegah perusakan karang dan menjadi zona ikan, kita juga lakukan sosialisasi terkait hal itu kepada masyarakat di Desa Tingki-Tingki”.

Bupati Banggai Ir. Herwin Yatim mengatakan bahwa peran serta perusahaan tentunya sangat penting untuk melestarikan lingkungan hidup. Herwin juga mengatakan bahwa ia telah meminta kepada perusahaan untuk memikirkan Kabupaten Banggai agar lebih baik kedepannya.

“pemerintah dibantu oleh stakeholder seperti DSLNG, terus berpartisipasi pada peningkatan kualitas lingkungan hidup yang ada”. Tuturnya.

Salah seorang warga desa Tingki-Tingki, Yakob (60) mengatakan ia pertama kalinya mengikuti kegiatan transplansi terumbu karang. Dengan adanya kegiatan tersebut banyak pelajaran yang bisa didapatkannya.

“bagus ada yang bagini dari perusahaan, saya bisa tau pentingnya terumbu karang biar ikan banyak dilaut tingki-tingki”. Ujar Yakob.

Terumbu karang (coral reef) mempunyai fungsi dan manfaat bagi lingkungan dan manusia. Karena selain manfaat secara ekologi, terumbu karang tanpa disadari mempunyai peran untuk kehidupan ekonomi, dan sosial masyarakat peisisr pantai.

(mhr)
 

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan