NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Publika

Tips Kesehatan Saat Menjalankan Ibadah Puasa

Kamis, 17 /05/ 2018 23:59:34 2454 Pembaca  

Puasa memiliki banyak manfaat, terutama bagi kesehatan, bila kita menjalankannya dengan benar. Puasa dapat membersihkan tubuh dari racun yang berasal dari makanan yang kita konsumsi atau polusi dan radiasi. (Ilustrasi:Istimewa)
Puasa memiliki banyak manfaat, terutama bagi kesehatan, bila kita menjalankannya dengan benar. Puasa dapat membersihkan tubuh dari racun yang berasal dari makanan yang kita konsumsi atau polusi dan radiasi. (Ilustrasi:Istimewa)

Transsulawesi.com, Luwuk – Puasa memiliki banyak manfaat, terutama bagi kesehatan, bila kita menjalankannya dengan benar. Puasa dapat membersihkan tubuh dari racun yang berasal dari makanan yang kita konsumsi atau polusi dan radiasi. Namun, kebanyakan orang justru tampak lemas ketika puasa. Sebaiknya, kamu perhatikan 10 hal simpel ini supaya puasamu tetap lancar dan tetap bugar.

1. Perbanyak minum air putih.

Minum air putih waktu puasa harus memiliki pola dan jadwal yang baik. Jika tidak, maka badan akan menjadi lemas dan dehidrasi. Kita disarankan minum air putih minimal dua gelas setelah buka puasa, tiga gelas setelah tarawih, satu gelas sebelum tidur, satu gelas saat bangun sahur, serta satu gelas setelah sahur. Lebih banyak malah lebih baik

2. Minum dan makanlah yang manis saat berbuka.

Minuman dan makanan yang manis dapat membantu mengembalikan kadar gula dalam darah kembali normal. Selain itu, kurma juga berfungsi sebagai memulihkan energi yang hampir habis setelah beraktivitas selama puasa.

3. Konsumsi gula merah saat buka dan setelah sahur.

Gula merah atau gula aren memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Fungsinya, dapat membantu kita terhindar dari anemia. Gula merah baik untuk kita konsumsi saat puasa. Kita bisa memakannya langsung dalam bentuk kecil ataupun dicampurkan ke dalam air hangat.

4. Makan sayuran yang berkuah.

Sayuran sangat baik untuk tubuh kita. Kita akan mendapatkan energi lebih jika kita mengkonsumsi sayuran yang cukup. Kuah sayuran sangat baik jika disajikan dalam keadaan hangat. Tubuh akan terasa lebih segar dan menyehatkan.

5. Lakukan meditasi ringan.

Di sela-sela padatnya aktivitas, kita perlu meluangkan waktu sebentar sekitar 5-10 menit untuk mengatur nafas dengan teratur. Meditasi ini dapat membuat pikiran dan tubuh lebih fresh.

(Irf)

 

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan