NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Publika

Persekutuan Ganjil Generasi Milenial Babasal Mendorong Sultim

Rabu, 09 /05/ 2018 16:07:46 2647 Pembaca  

Ketua DPRD Banggai H. Samsulbahri Mang, Ketua DPRD Banggai Kepulauan Rishal Arwie, dan Ketua DPRD Banggai Laut Richard Manuas merekomendasikan pencabutan moratorium DOB. (Foto:Transsulawesi.com)
Ketua DPRD Banggai H. Samsulbahri Mang, Ketua DPRD Banggai Kepulauan Rishal Arwie, dan Ketua DPRD Banggai Laut Richard Manuas merekomendasikan pencabutan moratorium DOB. (Foto:Transsulawesi.com)

Transsulawesi.com, Luwuk -- Tiga ketua DPRD, Banggai, Banggai Kepulauan, dan Banggai Laut mendorong Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) ‘Sulawesi Timur’ pada acara Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI) Se-Sulawesi yang digelar di Ball Room Hotel Santika, (08/05/2018).

Ketua DPRD Banggai H. Samsulbahri Mang, yang di dampingi oleh kedua rekannya, Ketua DPRD Banggai Kepulauan Rishal Arwie, dan Ketua DPRD Banggai Laut Richard Manuas merekomendasikan pencabutan moratorium DOB.

Sebagaimana diketahui, salah satu penyebab terhambatnya pemekaran sejumlah DOB di indonesia adalah dengan lahirnya moratoarium DOB. Pemerintah pusat mengeluarkan moratorium tersebut dengan alasan pemerintah menggenjot program pembangunan, sehingga pembentukan DOB akan dilakukan jika keuangan negara telah memadai.

Ketua DPRD Banggai H. Samsulbahri Mang, mengatakan bahwa keinginan pembentukan DOB adalah murni keinginan rakyat disejumlah daerah maka lewat Rakorwil ADKASI Se-Sulawesi dirinya bersama rekan rekan DPRD Kabupaten lainnya berupaya mendesak Ketua Dewan Pimpinan ADKASI Lukman Said untuk mengeluarkan rekomendasi pencabutan meratorium tersebut yang ditujukan kepada Presiden Republik Indonesia. Sebab mororium tersebut juga salah satu penyebab terhambatnya, perjuangan pembentukan DOB Provinsi Sulawesi Timur.

Lanjut menurut H. Samsulbahri Mang bahwa dirinya bersama yakni Rishal Arwie dan Laut Richard Manuas sepakat agar hal tersebut menjadi point krusial yang perlu di perhatikan pemerintah pusat. Karena Pembentukan DOB Sultim telah dinantikan oleh masyarakat khususnya di tanahBabasal.

Rishal Arwie, Ketua DPRD Banggai Kepulauan secara tegas mengatakan, bahwa pemekaran DOB adalah hak konstitusional rakyat, oleh kartena itu dirinya sebagai anggota sekaligus pengurus ADKASI Zona Sulawesi melalui Rakorwil ADKASI Zona Sulawesi yang didukung oleh teman teman anggota lainya, akan mendesak kepada Dewan Pimpinan ADKASI untuk segera mengeluarkan rekomendasi pencabutan moratorium tersebut.

(Atu/Mhr)

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan