NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

REGIONAL

Banggai Sukses Menjadi Tuan Rumah Rakernas ADKASI Se-Sulawesi

Rabu, 09 /05/ 2018 15:26:29 4425 Pembaca  

Tiga Ketua DPRD putradaerah, H.Samsulbahri Mang Ketua DPRD Banggai, Rishal Arwie Ketua DPRD Bangai Kepulauan, dan Richard Manuas Ketua DPRD Bangai Laut membuktikan berhasil menjadi motor suksesnya acara ADKASI kali ini. (Foto:Transsulawesi.com)
Tiga Ketua DPRD putradaerah, H.Samsulbahri Mang Ketua DPRD Banggai, Rishal Arwie Ketua DPRD Bangai Kepulauan, dan Richard Manuas Ketua DPRD Bangai Laut membuktikan berhasil menjadi motor suksesnya acara ADKASI kali ini. (Foto:Transsulawesi.com)

Transsulawesi.com, Luwuk – Ketua Umum Dewan Pimpinan Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI) Lukman Said membuka acara Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) ADKASI yang digelar di Ballroom Hotel Santika, Kabupaten Banggai, Selasa (8/5/2018).

Rakorwil ADKASI Zona Sulawesi, yang sekaligus dirangkaikan dengan sosialisasi hasil keputusan Rakernas II Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI), sukses terselenggara.

Acara ini dihadiri oleh Dirjen Bina Keuangan Kementrian Dalam Negeri RI, Forkopimda Kabupaten Banggai dan kurang lebih seratus Anggota DPRD dari sejumlah Kabupaten Se-Sulawesi termasuk sejumlah perwaklian Anggota ADKASI luar Sulawesi.

Lukman Said dalam sambutannya menilai bahwa kegiatan Rakorwil Adkasi yang dilaksanakan di Kabupaten Banggai, sukses terselenggara dengan baik. Lukman menyarankan agar Rakernas ADKASI nantinya kembali dilaksanakan di Kabupaten Banggai.

Dengan suksesnya digelar acara ini sebagai bukti bahwa tiga Ketua DPRD putra daerah, H.Samsulbahri Mang Ketua DPRD Banggai, Rishal Arwie Ketua DPRD Bangai Kepulauan, dan Richard Manuas Ketua DPRD Bangai Laut membuktikan berhasil menjadi motor suksesnya acara ADKASI kali ini.

Lukman yang saat ini masih menjabat sebagai Ketua DPRD Pasang Kayu dalam sambutan resminya menjelaskan bahwa lembaga ADKASI yang di nakhodainya, bertujuan untuk mewujudkan DPRD Kabupaten yang efektif dalam mendorong tata pemerintahan yang baik menuju pembangunan yang berkelanjutan dalam kerangka otonomi daerah dan demokrasi, dan dalam rangka Rakorwil ADKASI zona Sulawesi tersebut sekaligus dirangkaikan dengan sosialisasi hasil Rakernas ADKASI Ke II yang dilaksanakan pada bulan maret 2018 lalu.

Menurutnya, secara umum ADKASI adalah wadah berhimpun para Anggota DPRD Kabupaten Se-Indonesia, yang bermamfaat untuk meningkatkan koordinasi tingkat regional dan sarana untuk meningkatkan intensitas koordinasi mengemen regional, sebab titik berat pelaksanaan otonomi daerah berada di kabupaten kota, apalagi Undang-undang no 23 tahun 2004 tentang pemerintah daerah belum sepenuhnya memberikan ruang   yang tegas pada pengurusan permasalahan regional.

Tidak hanya itu, ia juga bertekad akan terus membesarkan dan menjaga nama baik ADKASI, termasuk memperjuangkan hak hak anggota DPRD Kabupaten seluruh Indonsesia dan menyuarakan aspirasi rakyat melalui lembaga tersebut. Diakhir sambutan Lukman Said, sebagai Ketua Umum ADKASI, secara tegas meningatkan agar seluruh anggota ADKASI untuk tidak keluar masuk SKPD diluar tugas, agar kredibilitas dan kewibawaan anggota DPRD tetap terjaga.

Sementara itu, H. Samsulbahri Mang mengucapkan terimah kasih sebesar besar atas kerjasama Ketua DPRD Banggai Kepulauan Rishal Arwie sebagai sekertaris panitia dan Richard Manuas, sebagai Bendahara Panitia Rakorwil ADKASI Zona Sulawesi, kerena menurutnya, suksesnya kegiatan tersebut tak lepas dari andil besar dari kedua pimpinan legislatif tersebut.

(Atu/Mhr)

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan