NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Nasional

Jokowi Usulkan 3 Upaya Asean untuk Kerja Sama Indo-Pasifik

Sabtu, 28 /04/ 2018 19:09:34 774 Pembaca  

Jokowi ketika membuka Konferensi Asia Afrika. ©Setpres RI/Agus Suparto
Jokowi ketika membuka Konferensi Asia Afrika. ©Setpres RI/Agus Suparto

Transsulawesi.com, Singapura - Presiden Joko Widodo mengusulkan tiga upaya untuk menjalin kerja sama Indo-Pasifik. Hal itu disampaikan Jokowi saat konferensi tingkat tinggi (KTT) ke-32 Asean di Singapura.

Usulan pertama yang diusulkan Jokowi adalah cara agar Asean menjadi motor bagi lingkungan yang kondusif. 

"Kita harus terus mengajak semua mitra untuk menghormati hukum dan norma internasional mengembangkan habit of dialogue, mengedepankan penyelesaian sengketa secara damai menghindari penggunaan kekerasan," ujar Jokowi dalam keterangan yang diterima detikcom dari Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, Sabtu (28/4/2018). 

Upaya kedua yang disampaikan Jokowi yakni mendayagunakan modal untuk menanggulangi tantangan keamanan. Sejumlah hal yang menjadi ancaman tersebut yakni radikalisme dan terorisme, perdagangan narkoba dan perompakan. 

Kemudian usulan terakhir yakni soal menciptakan pusat pertumbuhan ekonomi baru. Jokowi mengatakan Asean harus menjaga sistem ekonomi terbuka dan adil. 

"Beberapa bidang kerja sama yang dapat dikedepankan antara lain, di bidang maritim, konektivitas, dan pencapaian SDGs. Oleh karena itu, interaksi pelaku bisnis di kawasan Samudera Hindia dan Pasifik perlu ditingkatkan," ujar Jokowi. 
(nkn/rna/dtc)

 

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan