NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Nasional

TNI-Polri-Bea Cukai akan Teken MoU Penyelundupan di Perbatasan

Jum'at, 27 /04/ 2018 21:04:39 306 Pembaca  

Mochammad Zhacky Kusumo/detikcom
Mochammad Zhacky Kusumo/detikcom

Transsulawesi.com, Jakarta - TNI dan Polri sedang menggalakkan pengamanan bagi wilayah-wilayah perbatasan. Pengawasan terkait penyelundupan barang-barang ke wilayah batas Indonesia pun akan diperketat.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menuturkan TNI bersama Polri akan membuat nota kesepakatan (MoU) dengan Bea-Cukai untuk mengantisipasi penyelundupan tersebut. 

"Kita akan laksanakan perbantuan TNI kepada Bea-Cukai atau perbantuan TNI kepada Polri untuk kita menangani permasalahan-permasalahan penyelundupan, ya, terutama. Dan itu pun segera kita lakukan, kita sudah bicarakan," kata Hadi di Kodam XII Tanjungpura, Kalimantan Barat, Jumat (27/4/2018).

"Sehingga ke depan kita bisa melakukan MoU antara TNI dengan Bea-Cukai, antara Polri dengan Bea-Cukai untuk bersama-sama mengamankan wilayah perbatasan terhadap penyelundupan barang-barang yang tidak kita inginkan, artinya terlarang ya karena ilegal," sambungnya.

Ia menuturkan TNI-Polri sebagai benteng negara membutuhkan kerja sama dengan stakeholder lainnya untuk menjaga keamanan wilayah perbatasan.

"Dan saya kira ini hal yang sangat positif. Karena, untuk menangani perbatasan, kita harus melaksanakan pekerjaan ini antar-kementerian, hubungan kelembagaan harus dilaksanakan," ujarnya.

Seperti diketahui, Panglima TNI Marsekal Jadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengunjungi wilayah perbatasan antara Indonesia dan Malaysia di Entikong, Kalimantan Barat. Pada kesempatan itu, Ketua DPR RI Oesman Sapta Odang (OSO) pun turut hadir dan ikut meninjau wilayah perbatasan Entikong. 
(yas/gbr/dtc)

 

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan