NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

EKONOMI

TMMD Ke 101 Kodim 1308 Gelar Sosialisasi KRPL

Jum'at, 27 /04/ 2018 21:00:22 286 Pembaca  

Salah satu sudut desa yang menjadi sasaran TMMD ke 101 Kodim 1308 LB
Salah satu sudut desa yang menjadi sasaran TMMD ke 101 Kodim 1308 LB

Transsulawesi.com, Bualemo -- Lahan pekarangan memiliki potensi besar dalam mewujudkan ketahanan pangan berbasis keluarga. Hanya saja, pemanfaatannya belum dilakukan secara maksimal. Mayoritas masyarakat masih memanfaatkan lahan pekarangan seadanya saja, padahal jika dioptimalkan dapat ditanami beragam jenis tanaman yang bisa memenuhi ketersediaan pangan bagi keluarga.

Berangkat dari hal tersebut, Satgas TMMD 101 Kodim 1308 LB menggelar sosialisasi Peningkatan Lahan Melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari ( KRPL ). Dalam kegiatan nonfisik kali ini, pihak Satgas TMMD melibatkan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Banggai.

Hendra Yarno Saadjad, Sp, Staf Dinas ketahanan Pangan pada kesempatan itu menjelaskan, pemanfaatan pekarangan dapat di kelola melalui pendekatan terpadu.

“ Sebagai pemilik pekarangan bisa menfaatkannnya dengan menanam berbagai jenis tanaman, tau kolam ikan. Sehingga kemudian akan menjamin ketersediaan bahan pangan yang beraneka ragam secara terus menerus,” jelas Hendra.

Jika hal itu dapat dilakukan dengan baik maka pemenuhan gizi keluarga dapat terpenuhi. “Dan sebaiknya pupuk yang digunakan adalah pupuk organik sebab tidak mengandung zat kimia, sehingga baik untuk kesehatan,” papar Hendra.

Selain menghemat biaya rumah tangga, tambahnya, fungsi hubungan ekonomi kecil sudah terbentuk. Artinya bagi masyarakat yang hidup di pedesaan, penyediaan sumber pangan dan gizi bisa didaptkan hanya dengan optimalisasi pemanfaatan pekarangan dan lahan sekitar tempat tinggal.

“Dengan demikian pekarangan yang terabaikan bisa menjadi sumber makanan sebagai penghasilan tanaman rempah-rempah atau obat-obatan,” tutupnya.  

Dilaporkan dalam kegiatan yang berlangsung di Lapangan Desa Sampaka, sedikitnya diikuti sekitar 50-an kepala keluarga dan dihadiri pihak terkait.

Hadir saat itu, Kasi Promosi Pangan Kabupaten Banggai, Jarika Mandey, SKM, Batih Ter Dim 1308/LB Pelda Iswanju, juga Kepala Seksi Informasi dan pelayanan dan pengaduan Kecamatan Bualemo Herlina. (syf/yan)

 

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan