NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Metro Sulawesi

Wujudkan Konsumen Cerdas, YLKI Sulteng Tingkatkan Kesadaran Konsumen

Senin, 23 /04/ 2018 17:38:15 969 Pembaca  

Gubernur Longki Djanggola lewat Asisten Pemerintahan, Hukum dan Politik Ir. Faisal Mang, MM meluncurkan posko pelayanan pengaduan konsumen, bertempat di Halaman Pogombo, Sabtu (21/4). (Foto: Pemprov Sulteng)
Gubernur Longki Djanggola lewat Asisten Pemerintahan, Hukum dan Politik Ir. Faisal Mang, MM meluncurkan posko pelayanan pengaduan konsumen, bertempat di Halaman Pogombo, Sabtu (21/4). (Foto: Pemprov Sulteng)

Transsulawesi.com, Palu -- YLKI Sulawesi Tengah terus berupaya meningkatkan kesadaran konsumen. Salah satunya dengan meluncurkan posko layanan pengaduan konsumen dalam merespon laporan-laporan konsumen atas ketidak puasan layanan jasa dan produk maupun perlakuan tidak adil yang diterimanya dari pelaku usaha.

Hal ini diapresiasi Gubernur Longki Djanggola lewat Asisten Pemerintahan, Hukum dan Politik Ir. Faisal Mang, MM saat meluncurkan posko pelayanan pengaduan konsumen, bertempat di Halaman Pogombo, Sabtu (21/4).

Menurutnya yang saat itu membaca sambutan gubernur, perlindungan konsumen sejatinya sudah mempunyai payung hukum yang jelas lewat UU No. 8 Tahun 1999 tapi belum maksimal melindungi konsumen dikarenakan masih banyak yang tidak tahu harus kemana melapor bila terjadi sengketa dengan pelaku usaha.

“Dampak yang terjadi adalah konsumen mendiamkan dan memasrahkan nasibnya padahal sebenarnya dia dirugikan,” ungkap asisten menggambarkan kondisi saat ini.

Bahkan hal ini semakin diperkuat dengan hasil survey IKK (Indeks Keberdayaan Konsumen) Indonesia Tahun 2016 yang hanya 30,86 % atau lebih kecil dari IKK masyarakat Eropa yang di atas 50 %, atau berarti konsumen nasional belum mampu memperjuangkan hak-haknya.

Dengan peluncuran posko pengaduan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran kolektif semua kalangan khususnya pelaku usaha akan pentingnya hak dan kewajiban konsumen yang harus dipenuhi, serta dalam rangka mewujudkan konsumen cerdas di Sulawesi Tengah.

“Yaitu konsumen yang melek dan paham akan hak dan kewajibannya serta kritis dan berani mengadu, melaporkan bila hak-haknya dirugikan,” serunya.

Sementara Ketua YLKI Sulteng Salman Hadiyanto menjelaskan, selain peluncuran posko pengaduan, pihaknya juga getol membuat penyuluhan-penyuluhan yang merangkul masyarakat supaya lebih melek terhadap hak dan kewajibannya sebagai konsumen seperti disampaikan asisten pada sambutan.

“Kegiatan-kegiatan yang Kami buat seperti sosialisasi, jalan santai, lomba menggambar dan mewarnai bagi anak-anak, posko (pengaduan) dan nanti ada lokakarya nasional dalam rangka memperingati hari konsumen,” singkatnya.

(Mhr)

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan