NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

REGIONAL

TNI Kodim 1308 LB Masuk Desa, Asa Baru Warga Bualemo

Minggu, 22 /04/ 2018 12:31:28 773 Pembaca  

Mustar Labolo disela sela kunjungannya bersama Dandim 1308/LB Letkol Inf Nurman Syahreda di lokasi TMMD, Jumat 20 April 2018.
Mustar Labolo disela sela kunjungannya bersama Dandim 1308/LB Letkol Inf Nurman Syahreda di lokasi TMMD, Jumat 20 April 2018.

Transsulawesi.com, Bualemo -- Seratusan pria dengan fisik tegap pagi itu berkumpul di sebuah lapangan sepak bola memulai doa dan mendengarkan wejangan dari seorang pria berpakian loreng hijau hitam. Mereka bukan prajurit, namun mereka berkumpul bersama dengan para prajurit TNI betulan.

Mereka yang datang tanpa seragam itu tidak lain kelompok warga yang sudah terbiasa mengkuti apel sebelum bergotong royong bersama Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 Tahun 2018.

Semangat saling mendukung dan bahu membahu bersama anggota TNI memang sudah tampak sejak dibukanya kegiatan TMMD yang menyasar tiga desa sekaligus di Kecamatan Bualemo, Kabupaten Banggai. Masing masing untuk Desa Sampaka, Tibombo dan Desa Dwi karya.

Dukungan dari warga atas kegiatan ini juga terus ditunjukan setelah kehadiran TMMD dianggap mampu memberikan perubahan. Kata warga, ada kemajuan di desa meraka, “Jika sebelumnya seolah tak memiliki masa depan, kini sudah lebih baik,” kata Sudirman warga Desa Sampaka.

Sebelumnya kata dia, akses transportasi selalu menjadi hambatan ketika hendak menjual hasil pertanian. Bahkan, harapan adanya peningkatan jalan penghubung juga sudah diimpikan sejak lama, dan itu baru saja terwujud pada tahun 2018 setelah program TMMD ke-101 masuk diketiga desa tersebut.

"Makanya tak heran, setiap kegiatan ada 100-an hingga 150 orang yang selalu setia membantu prajurit TNI dalam melaksanakan program kerja TMMD," ungkap Sudirman mengakhiri diskusi dengan jurnalis.

Kegiatan yang dimulai sejak 4 April dan berakhir 3 Mei 2018, sedikitnya melibatkan 150 prajurit  yang terhimpun dari Kodim 1308/LB dan Yonif 714/SM .Mereka inilah yang dibantu warga menyelesaikan pekerjaan peningkatan jalan didalam maupun jalan penghubung antar desa.

Seperti penimbunan yang disertai pengerasan jalan yang menghubungkan Bualemo dan Desa Sampaka dengan panjang 800 meter, Desa Sampaka menuju Dusun Tanah Merah 3100 meter, juga di dalam pemukiman Dusun Tanah Merah sendiri 1000 meter. Kamudian dilanjutkan peningkatan jalan dari Dusun Tanah Merah menuju Desa Tibombo yang berjarak 1500 meter, di dalam Desa Tibombo sendiri 1500 meter, serta peningkatan jalan di dalam Desa Dwi Karya dengan panjang 1800 meter.

Tidak hanya itu, mereka juga ikut membuat satu unit jembatan (Plat duiker) dengan ukuran 4 x 6 meter, serta pembuatan Talud (Bronjong) di Desa Sampaka dengan ukuran 100 m x 500 m3.

Dari proyek pekerjaan yang melibatkan anggota TNI dan warga tersebut, disebutkan 2, 1 miliar rupiah digelontorkan dari APBD Kabupaten Banggai.

“Dengan itu semua, maka jelas kegiatan TMMD ini bertujuan untuk membantu kesulitan masyarakat, dengan pembuatan jalan dan plat duiker, maka diharapkan dapat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat,” Kata Wakil Bupati Banggai Mustar Labolo disela sela kunjungannya bersama Dandim 1308/LB Letkol Inf Nurman Syahreda di lokasi TMMD, Jumat 20 April 2018.

Mustar menuturkan, pemerintah daerah selalu berkomitmen untuk membangun mulai dari desa sampai ke kota. “Nah, kunjungan kerja saya saat ini meninjau kegiatan TMMD yang dilaksanakan oleh Anggota TNI dimana kegiatan ini juga atas kerja sama pihak TNI dan pemerintah Daerah,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Dandim 1308/LB Letkol Inf Nurman Syahreda juga mengungkapkan, keberhasilan TMMD ini sangat penting karena akan menjadi acuan keberhasilan untuk program yang sama pada tahun-tahun selanjutnya.

“Oleh sebab itu, kami selaku pelaksana akan berbuat semaksimal mungkin sehingga apa yang kami kerjakan hasilnya benar-benar dapat dimanfaatkan dan dirasakan oleh masyarakat,” kata Nurman. Dan semua ini, berkat dukungan pemerintah daerah dengan segala partisipasi dan dukungannya dalam menyukseskan kegiatan TMMD.

“Selain itu, sasaran kegiatan ini juga merupakan hasil komunikasi dan koordinasi dengan masyarakat. Sehingga apa yang diselesaikan ini betul-betul sarana yang dibutuhkan masyarakat, terutama untuk mempermudah masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan mereka,” imbuh Nurman.

Meski begitu, Dandim 1308 LB berpesan agar infrastruktur yang telah dibangun terus dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya. Apa yang sudah dilakukan ini diharapkan dimanfaatkan masyarakat untuk kelancaran kegiatan ekonomi. (syf/yan)

 

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan