NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

REGIONAL

Mimpi Buruk Luapan Sungai Benteng, TMMD Lakukan Normalisasi

Selasa, 17 /04/ 2018 20:12:43 2156 Pembaca  


Transsulawesi.com, Bualemo -- Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 tahun anggaran 2018 membawa berkah tersendiri bagi masyarakat Desa Sampaka Kecamatan Bualemo Kabupaten Banggai.

Sejumlah warga tak sungkan melibatkan diri mengawasi jalannya pelaksanaan program kerja tersebut, diantaranya ketika pelaksanaan normalisasi di bantaran Sungai Benteng yang melibatkan alat berat pengeruk jenis eksavator.

Kehadiran warga tidak lain menunjukan titik alur luapan sungai yang sering terjadi saat musim penghujan tiba. Bagi Dandim 1308/LB Letkol Inf. Nurman Syahreda kehadiran warga sangat membantu satgas dalam pelaksanaan progres.

“Kita kan tau, Desa Sampaka khususnya Dusun Benteng kerap dilanda banjir, tentu warga setempat paling mengerti kondisi disana,” ujarnya

Maka dengan kehadiran mereka, pengerjaan normalisasi sungai akan lebih tepat pada titik sasaran. “Intinya kami (TNI) sangat terbantu,” pungkas dia.

Diketauhi luapan Sungai Benteng dalam beberapa dekade sangat menghantui warga setempat. Dimana, kondisi aliran sungai tersebut, sudah tidak berfungsi baik akibat terjadinya pendangkalan.

“Sungai Benteng sudah sepuluh tahun terakhir saban tahunnya sering meluap, yang pastinya akibat pendangkalan,” ungkap I Kt Kaswan warga setempat.

Diceritakan Kaswan, keinginan masyarakat agar normalisasi aliran sungai bisa dikerjakan, baru bisa menjadi kenyataan tahun ini. Itu kata dia berkat kehadiran TMMD dari Kodim 1308/LB.

“Kami masyarakat benar-benar sangat terbantu dengan adanya Program TMMD. Olehnya saya dan warga lainnya mengucapkan terima kasih kepada TNI yang mau melakukan normalisasi sungai,” terangnya.

Hal senada dikatakan Nyoman, luapan sungai akibat pendangkalan sudah menjadi momok menakutkan bagi keluarganya yang bermukim tak jauh dari sungai. Sehingga dengan kehadiran TNI Manunggal Membangun Desa bisa menghilangkan keresahan tersebut.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada TNI yang telah melakukan normalisasi sungai,”katanya.  (syf/yan)

 

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan