NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Publika

Warga Ucapkan Terimakasih Dengan TMMD Reguler Kodim 1308/LB

Kamis, 12 /04/ 2018 21:29:42 822 Pembaca  

Letnan Kolonel Inf Nurman Syahreda dan warga desa
Letnan Kolonel Inf Nurman Syahreda dan warga desa

Transsulawesi.com, Bualemo -- Sejumlah program fisik yang dicanangkan TNI di Kecamatan Bualemo disambut baik oleh warga dengan penuh sukacita. Dimana, pembangunan sarana fisik tersebut merupakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 di wilayah Komando Distrik Militer 1308 Luwuk Banggai.

Menurut Dandim 1308/LB, Letnan Kolonel Inf Nurman Syahreda  melalui Perwira Seksi (Pasi) Teritorial  Kapten Inf Dwi Karyo Basuki, dipastikan TMMD dalam setiap kegiatannya selalu berorientasi pada program Pemerintah Daerah (Pemda) yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

“Semua sejalan dengan kebutuhan warga, sehingga apa yang dikerjakan Satgas TMMD tidak mubazir,” ujarnya ketika mendampingi Dandim dalam kunjungan kerja ke titik lokasi pembangunan plat duiker di Desa Sampaka, Kamis, 12 April 2018.

Ditambahkannya, pembangunan plat duiker dan peningkatan jalan memang sudah sangat dinanti warga sejak lama. Pasalnya, kata dia, yang terbangun adalah jalur utama penghubung masyarakat dibeberapa desa di Kecamatan Bualemo.

“Intinya, program TMMD adalah upaya TNI membantu pemda dalam menciptakan kesejahteraan warga melalui pembangunan (fisik dan non fisik)”.

Selain itu, tambah Dwi, melalui TMMD diharapkan dapat menumbuh kembangkan semangat gotong royong, kebersamaan, kekeluargaan dan partisipasi aktif. “Kami berharap pembangunan tersebut berdampak positif dan masyarakat pun ikut merasakan manfaatnya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua BPD Desa Sampaka, Wahyudin, menyambut baik TMMD ke 101 yang diimplementasikan melalui peningkatan sarana transportasi.

“Terimakasih, diharapkan dengan lancarnya akses transportasi bisa memberi dampak peningkatan perekonomian warga,” ucapnya.

Sebelumnya, ujar dia, kondisi jalan yang memprihatinkan membuat kegiatan ekonomi banyak tersendat. “Jika hujan deras, air kerap meluber dibadan jalan, dan itu menyulitkan warga membawa hasil pertanian mereka,” tuturnya.

Senada pula, Made Suka Dana (40) yang berprofesi sebagai petani, mengaku sangat merasakan manfaat setalah adanya perbaikan jalan. “Walau belum sepenuhnya rampung, saya sudah berapa kali melewatinya, dan itu membuat saya terharu atas kerja kerja TNI,” ujarnya.

Demikian pula, Ratna (45), ia mengatakan kehadiran TNI dalam program TMMD di desanya merupakan berkah tersendiri untuk dapat meilhat desanya berubah lebih maju, “termasuk kegiatan lainnya (nonfisik) yang sudah menambah wawasan warga,” ujarnya. (syf/yan)

 

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan