NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Regional

Komisi III DPR RI Pastikan Kesesuaian Laporan dan Fakta Pada kasus Eksekusi Tanjung

Selasa, 10 /04/ 2018 11:02:17 5478 Pembaca  

Sarifuddin Suding, anggota Komisi III  dan Kapolres Banggai AKBP Moh. Saleh. Photo: transsulawesi.com
Sarifuddin Suding, anggota Komisi III dan Kapolres Banggai AKBP Moh. Saleh. Photo: transsulawesi.com

Transsulawesi.com, Luwuk -- Tim kunjungan kerja Komisi III DPR RI melakukan peninjauan langsung lokasi eksekusi pengosongan lahan yang dikuti penggusuran paksa pada 19 Maret 2018 lalu. Mereka melakukan dialog dengan warga diatas puing puing penggusuran Tanjungsari, Luwuk Banggai, pada Senin 9 April 2018 kemarin.

Disebutkan kunjungan kerja itu guna memastikan kesesuaian laporan warga atas sejumlah indikasi pelanggaran dalam proses eksekusim yang meratakan pemukiman warga diatas lahan seluas kurang lebih 20 hektare tersebut.

“Jadi laporan pengaduan warga sudah kami terima dikomisi III, dan hari ini saya dan kawan kawan dari komisi (tiga) datang untuk melihat langsung keadaan disini,” ujar Sarifuddin Suding, anggota Komisi III yang turut dalam rombongan itu.

Dilokasi itu, Sarifuddin menyimak keterangan warga dan sesekali mengajukan pertanyaan kepada mereka. Diantaranya dia menanyakan apakah warga pernah menjadi bagian tergugat dalam kasus sengketa lahan yang kini dimenangkan ahli waris Albakar, dan warga meyakinkan itu tidak pernah terjadi.

“Padahal, disini banyak warga yang punya bukti kepemilikan, dan ternyata warga tidak pernah digugat, gitu yah?,” kata Samsuddin.”Iya pak,” jawab warga serentak.

Warga juga menjelaskan, jauh sebelum eksekusi pertama mereka telah melakukan upaya perlawanan hukum, namun hal itu tidak digubris, demikian pula dengan eksekusi tahap dua.

“Berarti warga yang (tempat tinggalnya) jadi objek sengekta tidak pernah menjadi tergugat ya,” tekannya lagi.

Sejumlah pertanyaan yang sama juga dilontarkan ketua rombongan Komisi III, Desmon J Mahesa. Kepada warga, ia memastikan bahwa laporan yang mereka terima sudah sesuai fakta dilapangan.

Dari pantauan transsulawesi.com, kedatangan rombongam tim Komisi III DPR RI ini sempat diwarnai aksi unjuk rasa yang dilakukan kelompok mahasiswa dan warga. Dalam orasinya, kordinator lapangan aksi meminta DPR RI lebih serius menanggapi keluhan warga. “Jangan hanya selesai di dialog saja,” ujar mereka.

Hadir dalam rombongan, selain Sarifuddin Sudding dan Desmon JM, tampak pula anggota komisi III lainnya, Supratman Andi Agtas, Arsul Sani, Masinton Pasaribu, dan Anwar Rahman.

Dalam kunjungan itu, komisi III didampingi Kapolda  Sulawesi Tengah Ketut Argawa, diikuti Kepala Biro Operasional Kombes Polisi Almas Widodo Kolopaking, Direktur Reserse Kriminal Umum Kombes Pol Diki Budiman dan Kabid Humas AKBP Hery Murwono serta Kapolres Banggai AKBP Moch Sholeh. (syf/yan)

 

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan