NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Metro Sulawesi

Terkait Kasus Eksekusi Tanjung, DPR RI Lakukan Kunjungan Kerja Spesifik ke Banggai

Kamis, 05 /04/ 2018 20:09:56 3632 Pembaca  

Ilustrasi DPR-RI
Ilustrasi DPR-RI

Transsulawesi.com, Luwuk -- Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat RI (DPR RI) akan mengunjungi Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah pada 9 April 2018. Ini merupakan kunjungan kerja spesifik dewan rakyat dalam rangka menindak lanjuti pengaduan masyarakat Tanjung Kelurahan Karaton, terkait eksekusi pengosongan lahan ditempat tinggal mereka.

Kunjungan direncanakan berlangsung selama dua hari yakni 9 sampai dengan 10 april 2018.

“Dalam kunjungan spesifik ini, Tim akan melakukan pertemuan dengan Gubernur, Kapolda, Kepala BPN, Ketua Pengadilan Tinggi Provinsi Sulawesi Tengah, Bupati (Banggai), Ketua DPRD serta Komisi Terkait, Kapolres dan perwakilan Masyarakat Kabupaten Banggai,” ungkap Dra. Damayanti, Plt. Sekretaris Jenderal, DPR RI, seperti yang tertulis dalam surat kunjungan kerja, 4 April 2018.

Olehnya, Damayanti mengharapkan pihak pihak terkait selama kunjungan tersebut dapat menyiapkan data – data dalam pertemuan dimaksud.   

Dijelaskannya pula, Kunjungan ke Tanjung Luwuk itu dipimpin langsung Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Desmond J Mahesa, serta sejumlah anggota DPR RI lainnya yang tergabung dalam rombongan itu.

Sebelumnya kasus lahan di Tanjungsari Luwuk,  mencuat setelah eksekusi kedua dilakukan atas perintah Pengadilan Negeri Luwuk pada Senin, 19 April 2018 lalu, dan berakhir ricuh.

Bahkan eksekusi yang melibatkan seribuan aparat kemananan yang didominasi anggota Polri itu mengakibatkan AKBP Heru Pramukarno selaku kapolres Banggai kala itu dicopot dari jabatannnya. Dari, informasi terakhir yang didapatkan transsulawesi.com, Heru dinilai tidak mengedepankan proses mediasi dalam eksekusi lahan seluas kurang lebih 20 hektare tersebut. (en/yan)

 

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan