NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Metro Sulawesi

Gema Palu Hari Ini Gelar Aksi di Mapolda dan Komnas HAM

Selasa, 20 /03/ 2018 13:58:12 3865 Pembaca  

Halil (63) warga Tanjung terkena lemparan batu yang berasal dari kelompok warga. Saat itu dirinya terjebak dilokasi bentrok antara aparat dan warga. Photo: Istimewa
Halil (63) warga Tanjung terkena lemparan batu yang berasal dari kelompok warga. Saat itu dirinya terjebak dilokasi bentrok antara aparat dan warga. Photo: Istimewa

Transsulawesi.com, Palu -- Protes atas tindakan keras aparat terhadap warga tanjung saat melakukan pengawalan eksekusi lahan, rencananya berlangsung hari ini, Selasa, 20 Maret 2018. Massa dari Gerakan Mahasiswa Indonesia Raya (Gema) direncanakan akan melakukan aksi protes sekaligus simpatik terhadap warga korban eksekusi di Tanjungsari di Luwuk Banggai.

Kordinator aksi, Fil Ardi mengatakan, pihaknya akan menyampaikan aspirasi sekaligus pernyataan sikap terhadap sejumlah pihak yang terlibat dalam eksekusi tersebut. Ia memperkirakan bakal ada 200-an massa dengan titik awal berkumpul di Anjungan Nusantara Kota Palu, "Estimasi massa sektar 200-an orang," ujar Ardi kepada Transsulawesi.com, Selasa, 20 Maret 2018.

Menurutnya, patut disesali tindakan represif yang dilakukan oleh 1000 anggota kepolisian terhadap 1200 masyarakat Tanjung Luwuk yang sedang melangsungkan aksi damai, Senin 19 Maret 2018. “Kami menyatakan sikap, mengecam dengan keras aksi represif yang di lakukan oleh aparat kepolisian,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya (Gema) juga meminta Komnas HAM untuk melakukan investigasi terhadap kasus yang diduga sarat mall administrasi tersebut. Dan hal itu akan disampaikan dalam orasi yang digelar didepan Mapolda Sulteng.

“Sekaligus meminta Ombudsman Perwakilan Sulteng untuk menginvestigasi dugaan mall administrasi terhadap putusan Pengadilan Negeri Luwuk ,” terang Ardi.

Aksi yang digelar pada pukul 15.30 WITA itu, kata Ardi juga akan menyambangi  Kantor Perwakilan Komnas HAM Provinsi Sulawesi Tengah yang berlamat di Jalan Letjen Soeprapto No 48. Palu, Sulawesi Tengah. (end/ab)      

 

 

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan