NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

REGIONAL

Eksekusi Pengosongan Lahan di Kawasan Tanjungsari Luwuk Ricuh

Senin, 19 /03/ 2018 14:18:50 3796 Pembaca  

Detik detik terjadinya bentrok antara petugas yang dihalau para IRT yang melaksanakan doa bersama di badan jalan.
Detik detik terjadinya bentrok antara petugas yang dihalau para IRT yang melaksanakan doa bersama di badan jalan.

Transsulawesi.com, Luwuk -- Eksekusi tanah dan rumah di Tanjungsari, Kelurahan Karaton, Luwuk Banggai, Senin, 19 Maret 2018 diwarnai kericuhan.

Warga setempat yang menempati lahan pemukiman melakukan perlawanan sengit ketika Pengadilan Negeri Luwuk mengerahkan petugas untuk mengosongkan rumah mereka.

Dilaporkan hari ini rumah warga yang masuk dalam titik lokasi bakal diratakan dengan unit eksavator.

Puluhan para ibu rumah tangga yang semula duduk berjejer rapi menghadang gerak aparat dengan cara melakukan doa bersama serta melantunkan salawat di salah satu titik Jalan Yos Sudarso tiba tiba terlibat bakulempar dengan petugas.

Sempat diawali negosiasi namun tak berhasil, aparat gabungan mulai bergerak kegaris paling depan dilokasi eksekusi, namun tak berapa lama kemudian tembakan gas air mata petugas dibalas dengan lemparan batu.

Aksi serang ini tak dapat terelakkan, setelah sejumlah kaum pria datang bergabung dalam barisan ibu ibu yang lengkap mengenakan cipu putih itu.

Bentrok terjadi sekitar pukul 13.30 Wita.

Informasi mengenai korban luka belum dapat dikonfirmasi resmi, namun dari pihak kepolisian, satu anggota polisi asal Polsek Toili dilaporkan  cedera akibat terkena lemparan.

Sementara dibagian terluar akses menuju ke lokasi eksekusi Jalan RE Martadinata dan Yos Sudarso kini telah dipagar betis aparat.

Sehari sebelumnya Kepolres Banggai, AKBP Heru Pramukarno mengimbau agar masyarakat tidak menghalangi proses eksekusi dengan tindakan yang mengarah pada perbuatan melawan hukum atau anarkis.

“Tetap kita antisipasi bagaimana saat melaksanakan pengamanan eksekusi ini”.

“Kiranya kepada masyarakat, kita sama sama menjaga keamanan,” tegas Heru.

(end/ab)

 

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan