NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Metro Sulawesi

Bandara Morowali Semakin Menghemat Waktu Tempuh

Kamis, 15 /03/ 2018 04:34:31 5952 Pembaca  

Terminal di Bandara Maleo, Morowali, Sulawesi Tengah, saat ku jungan kerja bersama Kementerian Perhubungan, Dirjen Perhubungan Udara, Selasa (27/2/2018).(KOMPAS.COM/Muhammad Irzal Adiakurnia)
Terminal di Bandara Maleo, Morowali, Sulawesi Tengah, saat ku jungan kerja bersama Kementerian Perhubungan, Dirjen Perhubungan Udara, Selasa (27/2/2018).(KOMPAS.COM/Muhammad Irzal Adiakurnia)

Transsulawesi.com, Morowali – Masyarakat di Kabupaten Morowali tak sabar lagi menanti pengoprasian bandara Morowali. Pasalnya, waktu perjalanan mereka akan semakin singkat apabila melalui perjalanan udara.

Contoh terdekat, jika selama ini warga Morowali yang hendak menuju ke Kota Palu Ibu Kota Sulawesi Tengah, akan menghabiskan waktu tempuh kurang lebih 12 jam melalui perjalanan darat. Maka, dengan jalur penerbangan, waktu terpangkas hingga hanya membutuhkan waktu 30 sampai 1 jam sudah tiba di Bandara Mutiara Sis Al Jufri Palu.

"Jarak Morowali ke Palu sekitar 520 km dan biasa ditempuh 11-12 jam naik mobil. Sedangkan jarak ke Poso dan Kendari lebih dari 300 km yang bisa ditempuh 7-8 jam naik mobil. Kalau naik pesawat waktunya hanya 30 menit sampai 1 jam perjalanan. Jadi masyarakat di sini sangat antusias kalau ada penerbangan," ungkap Jafar Hamid, Sekda Morowali seperti dikutip detik.com, Rabu (14/3/2018).

Selanjutnya kata Jafar, apabila telah diresmikan dan beroperasi, pemerintah daerah Morowali akan menyediakan akses angkutan darat yang dipersiapkan yang jaraknya sekitar 50 km.

Sementara itu Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso, mengatakan Bandara Morowali juga membantu warga sekitar dalam penyediaan lapangan kerja.

"Saat ini ada 28 personel sumber daya manusia di Bandara yang sebagian berasal dari masyarakat sekitar," ujar Agus.

"Hal ini sangat bagus, sesuai dengan kebijakan pemerintahan Presiden Joko Widodo agar semua proyek infrastruktur juga bisa mendayagunakan masyarakat sekitar. Dengan demikian juga ada rasa memiliki dari masyarakat terhadap kehadiran bandara ini," sambungnya. (SF)

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan