NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

REGIONAL

Ketua DPRD Banggai Usul Penurunan Status Hutan Kawasan di Bualemo Menjadi APL

Sabtu, 10 /03/ 2018 07:48:38 3884 Pembaca  

Samsulbahri Mang
Samsulbahri Mang

Transsulawesi.com, Bulaemo -- Ketua DPRD Banggai Samsulbahri Mang belum lama ini mengusulkan pelepasan status hutan dari hutan kawasan menjadi area penggunaan lain (APL ). Menurutnya itu penting dilakukan untuk kepentingan hajat hidup masyarakat desa setempat.

Ini diungkapkan ketua dewan menyusul keinginan masyarakat Bualemo untuk mendapakan akses pengelolaan hutan menjadi lahan olahan perkebunan.

“Kita sepakati bahwa masyarakat sini (Bualemo) sebagian besar, lahannya sudah tidak ada,” ungkap ketua DPRD Banggai yang karib disapa Obama tersebut di sela-sela acara Musrembang(Musyawarah Rencana Pembangunan) Tahap II di Kecamatan Bulaemo, Kamis (1/3).

Sejauh ini masyarakat Bualemo diketauhi tidak dapat membuka lahan perkebunan, karena dibatasi hutan kawasan yang membelakangi pemukiman warga. Sebagai alternatif adalah menurunkan status lahan tersebut.

“Coba dilihat aturannnya, kalau bisa kita lepaskan. Kita turunkan statusnya menjadi kawasan APL ,” ungkapnya.

Jika aturan memungkinkan, maka perubahan status hutan kawasan akan dapat dikelola menjadi areal perkebunan sebagaimana APL umumnya, “kemudian kita bagikan ke masyarakat,” imbuh Obama.

Menanggapi hal itu, Bupati Banggai Herwin Yatim menyatakan usulan itu sudah tepat karena sesuai dengan program Reforma Agraria. Dimana dirinya sudah melakukan pertemuan dengan menteri kehutanan terkait program Tanah Objek Reforma Agraria (TORA).

“Jadi pak ketua (dewan) dua pekan lalu saya bersama kepala dinas (telah) ketemu dengan ibu menteri kehutanan (membahas) tentang program Tora,” kata Herwin.

Seperti diketauhi bersama, Tora merupakan kebijakan pemerintah dalam pemberian legalitas akses perhutanan sosial kepada masyarakat bawah sebagai perwujudan pemerataan ekonomi.

Dari dasar itulah, kebijakan pemerataan ekonomi dimungkinkan berlaku pada masyarakat agar tidak hanya mendapatkan equality(kesamaan perlakuan), tetapi berpeluang medapatkan aset/modal (equity).

(abay)

 

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan