NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Metro Sulawesi

Perjuangan Sultim Masih Terganjal Moratorium

Rabu, 21 /02/ 2018 08:17:12 7756 Pembaca  

Anggota DPD MPR RI, Perwakilan Sulteng Hj. Nurmawati Dewi Bantilan,? S.E, M.H. / FOTO. satusulteng.com
Anggota DPD MPR RI, Perwakilan Sulteng Hj. Nurmawati Dewi Bantilan,? S.E, M.H. / FOTO. satusulteng.com

Transsulawesi.com, Palu – Anggota DPD RI asal Sulawesi Tengah Nurmawati Dewi Bantilan mengungkapkan DPD telah merampungkan pengajuan persyaratan untuk pemekaran Provinsi Sulawesi Timur (Sultim). Namun hal itu belum bisa terlaksana karena terganjal moratorium sampai dengan batas yang belum ditentukan oleh kementerian dalam negeri.

“Kalau saya ditanya bagaimana DPD RI memperjuangkan pemekaran Sulawesi Timur, sudah rampung,” kata Nurmawati saat mengisi dialog di lantai tiga gedung Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Tengah, Senin (19/2) kemarin.

Selain Sultim, salah satu kabupaten yang juga turut diusulkan untuk dimekarkan yakni Kabupaten Parigi Moutong,” Demikian juga rencana memekarkan Kabupaten Parigi Moutong,” kata dia.

Hanya saja, perlu dipahami semua rencana pemekaran itu belum dapat diwujudkan begitu saja, salah satu alasan adalah pembiayaan yang tidak memungkinkan.

Membenarkan apa yang diungkapkan DPD asal Sulteng ini, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, mengatakan, kemendagri hingga kini sudah manampung usulan pemekaran hingga 314 daerah setingkat provinsi, kabupaten/kota dari seluruh Indonesia.

“Daftar tunggu usulan pemekaran atau otonom baru mencatatkan angka fantastis hingga 314 daerah. Kemendagri moratorium sampai waktu yang belum ditentukan,” kata Tjahjo, saat melakukan kunjungan kerja di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Senin (19/2)

Namun demikian Tjahjo mengatakan semangat pemekaran yang diperjuangkan elemen masyarakat patut diapresiasi tapi harus dikendalikan secara baik oleh pemerintah. Diantaranya mesti rasionalisasi dengan kemampuan pembiayaan dan sumber daya manusia yang ada.(irf/ant)

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan