NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Reportase

Uniknya Proses Penyelamatan Hiu Tutul di Sombori

Selasa, 20 /02/ 2018 09:52:58 4286 Pembaca  

Ilustrasi : thebluebirdpatch.com
Ilustrasi : thebluebirdpatch.com

Transsulawesi.com, Morowali -- Hiu Tutul dengan panjang 4 Meter berhasil digiring keluar dari Laguna Pulau Sombori, Kecamatan Menui Kepulauan pada Minggu (18/2/2018). Upaya penyelamatan satwa bertotol putih ini dilakukan setelah 3 pekan lamanya terjebak di perairan yang merupakan salah satu lokasi wisata diving terbaik di Morowali, Sulawesi Tengah.

Adapaun cara membawa hiu tutul itu kembali kelautan lepas tergolong unik. Pasalnya, proses evakuasi oleh tim yang dipimpin langsung Kapolres Morowali Ajun Komisaris Besar Polisi Edward Indharmwan Eka Chandra, S.Ik mesti melibatkan ahli hewan. Dimana, terlebih dahulu harus mempelajari karakter hiu itu sendiri, dan untuk selanjutnya dipanggil dengan memanfaatkan gelombang suara yang sesuai dengan kebiasaannya.

Setelah berhasil membuat hiu tutul tersebut mendekat, para anggota tim yang didominasi anggota Pol Air, serta penyelam dari Sombori Diving Club (SDC) juga Pink Ladies Diver (PLD) langsung mendekat dan menghalaunya.

Sekitar satu jam lamanya akhirnya hewan langka yang sangat dilindungi ini berhasil dihantar keluar kembali kelautan lepas. (ab)

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan