NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

EKONOMI

Harga Beras di Kecamatan Merangkak Naik dalam Dua Bulan Terakhir

Jum'at, 16 /02/ 2018 05:45:34 2745 Pembaca  

Ilustrasi pedagang beras
Ilustrasi pedagang beras

Transsulawesi.com Luwuk - Sejak mengawali Januari 2018, harga beras di Kabupaten Banggai mengalami kenaikan secara bertahap. Di kecamatan Batui misalnya harga setiap liternya tembus 9 ribu hingga 10 ribu untuk kualitas terbaik. “Untuk beras berkualitas sedang dan bagus harganya beda seribu rupiah,”  kata Rina  salah seorang Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Batui.

Situasi ini membuat Rina mengeluh. Sedangkan untuk pembelian secara kredit, dalam satu zak beras berisi 50 kilogram, dibandrol Rp 600.000 sampai Rp. 650.000, itu selama dua kali pembayaran. "Mau tak mau harus cicil biar dapat, karena beli kontan tidak mampu".

Sama pula, Bambang warga Kelurahan Sisipan menjelaskan, harga beras jenis mayor per liter sebelum Pebruari sekitar Rp 8 ribu. Pada akhir Januari, kata dia, harga mulai merangkak naik ke Rp 8.500 per liter. "Harganya naik bertahap di Pebruari, mulai naik dari Rp 9 ribu sampai Rp 10 ribu," ujarnya.

Agak berbeda di Kota Luwuk Ibu Kota Kabupaten Banggai, harga beras setiap liternya Rp. 9 ribu hingga Rp 9.500. Namun demikian masih ada pilihan lain, seperti beras dengan kualitas dibawah dijual dengan harga Rp 7.500 sementara yang sedang Rp 8.500.

“Biasanya beli beras Rp 6.500 per liter tapi dua bulan terakhir ini tak ada harga seperti itu lagi dipasar tradisional,” kata Sulfiah (IRT) yang berdomisili di Hangahanga, Luwuk. “Sementara beras kualitas terbaik kisaran Rp 9 ribu sampai Rp 9.500.”.

Jika di Luwuk memiliki pilihan, di Batui warga tidak mendapatkannya sama sekali. Mengingat di pasar Tradisional beras yang beredar tetap beras dengan kualitas sedang dan baik. “Tidak ada pilihan untuk berhemat,” kata Nafri (34) warga Balantang. “Mau tak mau harus beli beras dengan harga tinggi itu,”. Padahal kata dia, maunya ada pilihan dengan harga dibawah. (syf)

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan