NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

REGIONAL

Menuju Peringatan Hari Patriotik Pagimana. Herwin Yatim: Merpati tidak pernah ingkar janji

Senin, 12 /02/ 2018 01:39:01 823 Pembaca  

Herwin Yatim / Dok. Diskominfo Banggai
Herwin Yatim / Dok. Diskominfo Banggai

Transsulawesi.com, Luwuk - Peringatan tahunan hari patriotik (12 /2/2018) oleh masyarakat Kecamatan Pagimana yang ke-76 mendapat dukungan penuh pemerintah daerah. Itu seiring dengan dinaikannya status penyelenggaraan dari tingkat kecamatan ke tingkat kabupaten. “Bahwa peristiwa heroik patriotik dari warga pagimana yang secara tahunan diperingati, harus dilaksanakan sesuai dengan tingkat yang kita inginkan, yakni tingkat kabupaten,” ungkap Bupati Banggai Ir Herwin Yatim dalam sambutan pembukaannya pada Sabtu (10/ 2018) kemarin.

Peringatan tahunan ini digelar untuk mengenang peristiwa bersejarah perebutan kekuasaan dari tangan Belanda yang dimotori para pemuda asal Pagimana kala itu. Tepatnya 12 Pebruari 1942 silam.

Dalam momen peringatan tersebut dirangkaikan pula dengan berbagai kegiatan yang dibalut dengan nuansa kearifanlokal. Oleh panitia, ragam kegiatan di perkenalkan lewat keramaian sepekan dengan nama Festival Gelora Pagimana (FGP).

Herwin Yatim berujar disamping untuk memperingati jasa para pahlawan, FGP juga dapat menjadi media promosi wisata alam di Kecamatan Pagimana. “ Pak Gubernur (Longki Djanggola) kalau tidak ada halangan sebenarnya mau datang, untuk bersama sama menyaksikan kehebohan warga pagimana dengan potensi pariwisata dan keunikan wilayahnya.”

“Beliau titip salam saja, mudah mudahan tahun depan dengan semangat kita akan tunjukan, sesuai harapan pak Gubernur bahwa festival gelora ini tidak hanya sampai ditingkat kabupaten,” kata Herwin. Melainkan bisa sampai ketingkat nasional hingga mendunia ke mancanegara.

Keyakinan mengangkat potensi kearifan lokal serta wisata yang ada di Kabupaten Banggai hingga kemancanegara bukanlah hal yang muluk muluk. Tapi Herwin menegaskan, niatan tersebut merupakan komitmen dalam kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Mustar Labolo.

“Merpati tidak pernah ingkar janji, (dirinya) Pak Herwin dan Pak Mustar mewujudkan itu, sebagai satu komitmen dan salah satu misi kita, bahwa kita ingin mengangkat potensi budaya dan kearifan lokal Kabupaten Banggai,” kata Herwin langsung dari lapangan 12 Pebruari. (ay/sam)

 

Komentar

#HEADLINE

PHE dan Medco E&P Indonesia Tandatangani Perjanjian Jual Beli Gas dengan PLN
BERITA TERKINI
BERITA PILIHAN

Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan