NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Metro Sulawesi

Ribuan Siswa SMA dan SMK di Kota Luwuk Ikut Petisi Tolak Perdagangan Manusia

Sabtu, 27 /01/ 2018 15:43:19 474 Pembaca  

ARSIP – Siswi sekolah mengangkat poster sebagai bagian dari kampanye kesadaran melawan perdagangan manusia di Kolkata, India (foto: AP Photo/Bikas Das)
ARSIP – Siswi sekolah mengangkat poster sebagai bagian dari kampanye kesadaran melawan perdagangan manusia di Kolkata, India (foto: AP Photo/Bikas Das)

Transsulawesi.com, Luwuk - Upaya memerangi eksploitasi dan per­da­ga­ngan manusia, ribuan siswa dari sejumlah Sekolah Menengah Lanjutan Atas (SMA) dan Kejuruan (SMK) di Kota Luwuk menggelar kampanye "End Exploitation and Human Traffic­king" , Kamis 25 Januari 2018 kemarin.

Dalam kegiatan itu para siswa berkumpul dihalaman sekolah yang selanjutnya membuat petisi anti perdagangan manusia dengan membubuhi tanda tangan disebuah spanduk yang bertuliskan “Tolak perdagangan manusia”.

Kampanye gerakan anti trafficking digalakan oleh pihak Imigrasi bersama Pemerintah Kabupaten Banggai, dengan menggelar sosialisasi di sekolah menengah atas. Tujuannya, agar para siswa dan siswi mendapat pengetahuan serta wawasan terkait kejahatan human trafficking yang masih kerap terjadi diwilayah Indonesia.

“Kampanye anti trafficking ini dilakukan dengan melibatkan para siswa, agar mereka bisa mendapat informasi seluasluasnya terkait human trafficking,” kata Novly Momongan, Kepala Imigrasi Kelas Tiga Kabupaten Banggai.  

“Mengingat masih banyak anak anak dibawah umur yang rentan terkena tipu daya yang kemudian tanpa disadari masuk dalam jeratan sindikat penjualan orang”.

Lanjut Novly, modus terbanyak yakni seperti bujukan untuk bekerja keluar negeri dengan iming iming berpenghasilan (gaji) tinggi. Untuk di wilayah Sulawesi Tengah, kasus ini sudah terjadi tahun 2017, dimana korban berinisial A asal Tojo Una Una (Touna) menjadi korbannya, “dan kini sedang dalam masalah,” katanya. Fatalnya lagi A juga disebut terlibat pembunuhan yang saat ini dalam penanganan perwakilan imigrasi di Arab Saudi.

Gerakan sosialisasi anti perdagangan manusia atau human trafficking ini dilakukan pihak Imigrasi bertepatan dengan rangkaian hari Bhakti Imigrasi yang ke – 68. (ab)

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan