NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Peristiwa

Otak Pelaku Pembunuhan Orang Tua Kandung di Luwuk Divonis 18 Tahun Penjara

Jum'at, 26 /01/ 2018 16:00:51 2513 Pembaca  

Antonius Paliling saat dijemput polisi di Toraja Sulawesi Selatan, lalu dibawa ke kota Luwuk Kabupaten Banggai. (Foto: Istimewa)
Antonius Paliling saat dijemput polisi di Toraja Sulawesi Selatan, lalu dibawa ke kota Luwuk Kabupaten Banggai. (Foto: Istimewa)

Transsulawesi.com, Luwuk - Antonius Paliling alias Anton otak pelaku pembunuhan berencana terhadap kedua orang tua kandungnya hanya tertunduk lesu saat Majelis hakim Pengadilan Negeri Luwuk menjatuhkan vonis kurungan 18 tahun penjara, Selasa (23/1/2018).

Putusan Majelis Hakim masih lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Banggai yang menuntut Anton dengan pidana 20 tahun kurungan. Tuntutan JPU yang lebih tinggi itu karena dianggap tersangka telah melanggar pasal 340 KUHP jo pasal 338 KUHP jo pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

Diketauhi Anton divonis bersalah karena dengan sengaja telah memerintahkan keponakannya KK (17) yang juga cucu korban, untuk menghabisi kedua orang tuanya Frans Paliling (78) dan Roswita Daun Lele (72).

BACA:  Polisi Tetapkan Anak Kandung dan Cucu korban Sebagai Tersangka

Kejadian sadis itu berlangsung dirumah mereka di Jalan Suprapto Kelurahan Luwuk. Banggai, Sulawesi Tengah, Kamis (23/3/2017).

Dalam persidangan pembacaan putusan itu, Anton tampak didampingi kuasa hukumnya Bambang Djafar, SH.

Majelis hakim yang di pimpin Suhardin Z Sapaa memberikan kesempatan selama sepekan kepada terdakwa maupun JPU untuk menyampaikan pendapat  atas putusan tersebut.

Belum diketauhi pasti apakah terdakwa akan melakukan upaya banding sebagai upaya pengurangan masa hukuman ataupun bebas dari tuntutan. (syf)

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan