NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Nasional

Setya Novanto Bantah Terlibat Pengurusan Anggaran e-KTP

Jum'at, 26 /01/ 2018 00:37:10 3267 Pembaca  

Setya Novanto
Setya Novanto

Transsulawesi.com, Jakarta - Setya Novanto menegaskan dirinya tidak terlibat dalam pembahasan anggaran e-KTP. Novanto menjelaskan perubahan anggaran di DPR bukan atas persetujuannya.

"Saya sebagai ketua fraksi dalam perubahan anggaran di DPR atas persetujuan komisi II. Karena masa anggaran ini saya pernah memberi klarifikasi bahwa titik untuk menyetujui anggaran dan yang berwenang adalah komisi II dan Badan Anggaran," kata Novanto saat memberikan tanggapan di Pengadilan Tipikor, Jl Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (25/1/2018).

Novanto menerangkan pembahasan anggaran e-KTP dilakukan pada pagu anggaran 2010. Sebagai ketua fraksi ia mengaku tak punya wewenang mengubah postur anggaran tersebut.

"Saya melihat bukti bahwa masalah anggaran itu memang dilakukan pagu anggaran 2010, dan siklus anggaran Agustus yang mana dilaporkan dan disampaikan presiden RI," jelasnya.

"Itu lah proses yang berjalan sehingga saya tidak ikut campur dalam penganggaran tersebut," tegas Novanto.

Dia membenarkan eks Dirjen Kemendagri Irman dan Andi Narogong pernah bertamu ke rumahnya. Novanto mengaku sempat mengucapkan maaf karena tak menemui keduanya.

"Masalah kedua disampaikan JPU bahwa saudara Irman pernah ke rumah brsama saudara Andi betul ya pak. Jadi tetapi tidak bisa masuk, dan sekaligus saya meminta maaf pada Pak Irman memang saya berusaha menolak, karena sudah membiasakan sejak menjadi ketua fraksi dan DPR tamu saya bebas sampai jam 2 malam. Keluar-masuk," beber Novanto.

"Begitu masuk anggaran saya sudah mulai keberatan. Saya mohon maaf sekali lagi. Menjelaskan…masalah saudara Anang dan Andi sampai sekarang saya memang tidak pernah menerima uang. Itu saja yang bias saya sampikan. Terima kasih," sambung Novanto.(ams/fdn/dtc)

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan