NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Metro Sulawesi

Heboh Penjualan Pulau Touna. Wabup Admin Pastikan itu Tidak Benar

Senin, 22 /01/ 2018 15:30:47 5994 Pembaca  

Peta Togean
Peta Togean

Transsulawesi.com, Touna - Pulau Tanjung Kramat di Kepulauan Togean mendadak jadi perbincangan dalam dua pekan terakhir setelah laman privateislandonline.com, situs web yang menjual dan menyewakan pulau-pulau yang ada di dunia menyebut nama Pulau Tojo Una-una dijual.

Sekalipun tidak menyebutkan harga pulau, Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola sempat merasa kaget dan mengklarifikasi nama Pulau Tojo Una-una.

“Yang di dalam foto di dalam situs privateislandonline.com itu namanya Pulau Tanjung Kramat di Kepulauan Togean yang berada di dalam wilayah Kabupaten Tojo Una-una. Pulau itu dulu dikelola oleh Mr Luca, tapi sekarang sudah tidak lagi,” kata Gubernur Longki melalui pesan singkat, Rabu (17/1/2018) pekan lalu.

Sementara itu, Wakil Bupati Tojo Una-una Admin AS Lasimpala yang berada di Palu mengatakan bahwa tidak ada jual beli pulau di Kabupaten Tojo Una-una. Menurut dia, dulu ada sebuah pulau yang namanya Tanjung Kramat yang digunakan oleh orang asing untuk usaha pariwisata.

“Ketika dikasih izin, dia bikin cottage di situ, tapi sekarang sudah ditinggalkan. Jadi tidak benar itu ada pulau di wilayah Tojo Una-una dijual,” ujar Wabup Admin.

Pada informasi terakhir yang dirangkum transsulawesi.com, Terkait kepemilikan HGU di Tanjung Kramat, Kecamatan Walea Kepulauan oleh Mr Luca Moti dan istrinya Miss Simona yang diterbitkan Pemkab Poso (1993), Wabup Admin memastikan tidak lagi diperpanjang.

Ia juga menyatakan Pemkab Touna telah memenangkan gugatan hukum yang dilayangkan Mr Luca Moti atas pendirian Pos Pemantauan di sekitar Tanjung Kramat. Dengan demikian, Tanjung Kramat bukan lagi kawasan yang diklaim private di kepulauan Togean.

 “Dia (Mr Luca) benar pernah lama bermukim di Tanjung Kramat. Kalau pun dia menguasai, itu dalam konteks pemanfaatan, bukan pemilikan,” tegasnya.(SF)

 

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan