NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

REGIONAL

Kuasa Hukum Ny. Berkah Al Bakar Minta Eksekusi di Tanjung Dilanjutkan

Minggu, 21 /01/ 2018 07:14:07 1816 Pembaca  

Abdul Salam SH., MA DKK dalam jumpa pers di Santika Hotel Luwuk /  ABAY transsulawesi.com
Abdul Salam SH., MA DKK dalam jumpa pers di Santika Hotel Luwuk / ABAY transsulawesi.com

Transsulawesi.com, Luwuk - Kuasa Hukum Ny. Berkah Al Bakar, yakni Abdul Salam SH., MA. DKK  mengimbau para pihak yang berhubungan dengan lahan eksekusi milik kliennnya tersebut agar patuh terhadap putusan pengadilan dan kekuatan hukum yang berlaku.

Lahan yang dimaksud terletak di kawasan Tanjungsari Kelurahan Karaton, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Dalam pernyataannya, Salam memohon kepada Kepala Pengadilan Negeri Luwuk  di Banggai sekiranya dapat melaksanakan eksekusi lanjutan, mengingat eksekusi sebelumnya, 3 Mei 2017, kata dia, belum dilakukan secara keseluruhan.

“Karena eksekusi tanah milik klien kami belum tersksekusi semuanya, maka kami selaku kuasa hukum yang baru memohon agar Bapak Ketua Pengadilan Negeri Luwuk di Banggai dapat melaksanakan sisa yang belum di eksekusi tersebut,” ujarnya, Sabtu 22 Januari 2018.

Disamping itu, ia mengimbuhkan, sejauh ini para ahli waris selaku kliennnya belum menerima berita acara eksekusi secara keseluruhan berdasarkan putusan pengadilan.

Menanggapi upaya eksekusi lanjutan, dirinya berharap agar (siapa saja) yang masih berada didalam areal eksekusi tersebut agar segera keluar. Sebab kata dia, dalam waktu dekat akan dilakukan pengosongan dan pemagaran dengan batas – batas yang telah ditunjuk oleh ahli waris.

“Utara dahulu berbatasan dengan teluk Luwuk, sekarang berberbatasab dengan tanah pemerintah daerah dan kompleks Dolog, Timur dulunya berbatasan dengan tanah pr. Masing dan Pr. Keling sakarang berbatasan dangan tanah I. Lanusa,”

“Selatan dahulu berbatasan dengan jurame sekarang dengan jurang, dan Barat berbatasan dengan kebun pandan dan hutan lolaro (bakau), milik Ny. Berkah Al Bakar,” jelas Salam.

Advokat yang berkantor di Ketintang Baru, Surabaya itu kembali mengingatkan, bahwasanya kepastian hukum pada eksekusi lahan yang dimaksud sudah masuk dalam kewenangan PN Luwuk pada penetapan Ketua PN Luwuk nomor: 02/Pen.Pdt G/1996/ PN Luwuk Tentang Pelaksanaan Eksekusi.

Sementara dasar dari eksekusi, imbuhnya, sudah tertuang dalam putusan MK dalam perkara nomor 2351 K/Pdt/1997.

“Sehingga telah memiliki kekuatan hukum tetap (inkracht van gewijsde) dan memiliki kekuatan hukum eksekutorial berdasarkan hukum yang berlaku” tegas Salam.  (AY/sam)

Ikuti Perkembangan Berita Selanjutnya

 

Komentar

#TERKINI

#PILIHAN


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan