NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Paus Panjang 10 Meter Terdampar di Reff Dolominon Bunta

REGIONAL Selasa, 09 /01/ 2018 21:37:49 640 Pembaca  

ilustrasi
ilustrasi

Transsulawesi.com, Bunta - Seekor paus jantan dengan panjang hampir 10 Meter terdampar di Pantai Dolominon, Kelurahan Bunta Dua, Kecamatan Bunta, Kabupaten Banggai, Senin (6/1/2018) pagi.

Ratusan masyarakat yang mengetahui informasi tersebut dari pesan berantai di WhatsApp dan info dari mulut ke mulut langsung memadati pantai tersebut.

Sejak pagi pun, Pantai Dolominon dipenuhi warga. Sejumlah nelayan mengaku baru mengetahui keberadaan paus pada pagi hari saat turun memancing.

“Paus itu kami dapati di reff, kondisinya lemas ,” ujar Muslim, salah satu nelayan setempat, Senin.

Upaya membawa paus keluar dari reff sudah dilakukan sejak pertamakali ditemuka. Namun hal itu sangat sulit, karena ukurannya yang cukup besar.

“Kemungkinan dia (Paus) lagi kejar mangsanya sampai masuk ke jalur karang, karena ada beberapa luka di badannya,” imbuh Muslim.

Paus itu baru kemudian dapat dikeluarkan dari karang yang dangkal, setelah beberapa nelayan lain datang membantu.

Menurut Muslim, ia dan rekan rekan nelayan, mencoba mendorong paus ini ke tepi yang lebih dalam, hingga kurang 100 meter dari bibir pantai. “Tapi ikan paus tersebut sudah keburu mati,” tutur dia.

Dilaporkan pula, keberadaan paus ini menarik perhatian warga setempat. Mereka berusaha mendekati paus hanya untuk melakukan swafoto. (ZK)


 
BERITA TERKINI

#HEADLINE


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan