NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

REGIONAL

Tiga Rumah Penyulingan 'Cap Tikus' Dimusnahkan

Senin, 08 /01/ 2018 02:33:09 5105 Pembaca  

Bahan baku cap tikus yang masih merupakan air tirisan aren yang biasa disebut saguer dimusnahkan dengan cara ditumpahkan ke tanah. FOTO. Dok. Humas Polres Banggai
Bahan baku cap tikus yang masih merupakan air tirisan aren yang biasa disebut saguer dimusnahkan dengan cara ditumpahkan ke tanah. FOTO. Dok. Humas Polres Banggai

Transsulawesi.com, Batui - Pemilik penyulingan arak atau cap tikus di Maleo Jaya, Kecamatan Batui Selatan tidak menyangka jika pada Minggu (7/1/2018) kemarin, tempat produksi penyulingan mereka bakal dirazia polisi dari Polsek Batui. Dilaporkan ada tiga tempat penyulingan di tempat berbeda di desa itu dimusnahkan aparat.

Kapolres Banggai AKBP Heru Pramukarno SIK, mengungkapkan, razia yang dipimpin langsung Kapolsek Batui itu mendapatkan ratusan liter bahan baku cap tikus yang masih berupa air tirisan aren.

“Total bahan baku cap tikus sebanyak 410 liter, barang bukti langsung kemudian langsung dimusnahkan di lokasi,” ungkap AKBP Heru Pramukarno.

Tidak hanya bahan baku, lanjut Kapolres, Iptu Candra bersama personil Polsek Batui juga memusnahkan tempat dan alat pembuatan miras tradisional tersebut.

“Tempat dan alat pembuatan cap tikus juga langsung dibakar,” tutur Kapolres Banggai.

Kapolres menambahkan, sebelum melakukan razia itu Iptu Candra melakukan koordinasi dengan Kepala Desa Maleo Jaya.

“Ke tiga pemilik lokasi pabrik miras cap tikus bersama beberapa barang bukti sudah diamankan ke Mapolsek,” pungkas AKBP Heru Pramukarno.

(SYF)

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan