NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Transpedia

Tatkala Nama Ronaldo jadi Simbol Perlawanan kepada Israel

Kamis, 21 /12/ 2017 02:32:43 2125 Pembaca  

Cristiano Ronaldo
Cristiano Ronaldo

Transsulawesi.com, Banggai  - Beberapa hari terakhir, dunia digegerkan dengan pernyataan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, yang mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel. Sontak ini langsung memicu kemarahan dunia. Protes ada dimana-mana, tak terkecuali ummat Muslim di Indonesia.

Kecaman kepada pemimpin negara adidaya ini terus bergulir, begitu pula pemboikotan kepada produk-produknya yang tersebar di Indonesia, utamanya di dunia maya. Belakangan, nama Cristiano Ronaldo ikut dibawa-bawa netizen, terutama warga Indonesia, untuk mengekspresikan aksi solidaritas terhadap Palestina.

Seperti media sosial Twitter, para netizen Indonesia kembali mengunggah aksi Ronaldo usai Timnas Portugal lawan Israel tepatnya pada 22 Maret 2013 di Stadion Ramat Gan, Israel.

Dalam video rekaman itu, Ronaldo disebut-sebut menolak bertukar jersey dengan para pemain Israel. Padahal, laga itu merupakan pertandingan persahabatan empat tahun lalu, Ini pun lantas menuai pujian netizen yang pro Palestina.

Pada rekaman video usai pertandingan tersebut salah satu bek Israel, Yuval Shpungin, tampak mendekati Ronaldo untuk meminta bertukar kaus. Namun, tak ada pertukaran jersey, hanya bincang-bincang singkat di lapangan.

Ini langsung ditafsirkan bahwa Ronaldo sengaja menolak bertukar jersey dengan para pemain Israel. Apalagi saat itu, tengah ramai pemberitaan soal penyerangan tentara Israel ke Palestina yang menuai kecaman dunia.

Ronaldo sendiri saat itu tidak memberikan komentar terkait tak adanya pertukaran jersey dengan salah satu pemain Timnas Israel tersebut.

Saat ini ketika para netizen Indonesia banyak yang mengecam pernyataan Donald Trump atas dukungannya terhadap Israel, cuplikan video Ronaldo usai laga lawan Israel kembali ramai diunggah.

Sumber: CNN Indonesia

 

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan