NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Waspada Gempa Tak Hanya di Jawa. Gorontalo di Guncang Gempa

Metro Sulawesi Sabtu, 16 /12/ 2017 12:10:15 541 Pembaca  

Gempa yang menggoyang Gorontalo itu terjadi saat warga hendak salat Subuh. Selain itu, gempa kembali terjadi di Garut.
Gempa yang menggoyang Gorontalo itu terjadi saat warga hendak salat Subuh. Selain itu, gempa kembali terjadi di Garut.

Transsulawesi.com, Gorontalo – Warga Gorontalo mendadak panik dan lari keluar rumah setelah gempa bumi berkekuatan 5,1 SR mengguncang wilayah ini saat menjelang subuh. Pusat gempa bumi terletak pada koordinat 0,65 LU dan 122,38 BT, pada jarak 13 km timur laut Boalemo-Gorontalo pada kedalaman 63 km.

Berdasarkan tingkat guncangan (Shakemap) BMKG, gempa bumi itu berada pada skala intensitas 1 SIG BMKG (II MMI). Artinya, guncangan sangat dirasakan oleh seluruh Gorontalo.

Dikutip dari Liputan6.com, Kepala Pusat Gempa Regional X (Sulut, Gorontalo, Malut), Irwan Slamet, mengatakan sejauh ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa bumi tersebut. "Hanya saja, kami meminta agar masyarakat tetap tenang dan waspada," ujarnya.

Hingga laporan ini disusun pada pukul 05.41 Wita, belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan. Masyarakat diimbau agar tetap berhati-hati dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG.

"Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai wilayah Gorontalo, diimbau agar tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami," ujarnya.

Gempa yang terjadi ini sempat mengagetkan warga yang ada di dalam rumah. Seorang warga, Ismail Karim, mengatakan saat gempa terjadi, ia sedang bersiap melakukan salat Subuh.

"Ketika ada goncangan itu, saya langsung panik langsung membangunkan anak dan istri saya. Saat itu pula, kami berhamburan keluar rumah," tuturnya

Ia mengatakan gempa tersebut berlangsung singkat. "Hanya selang beberapa detik saja gempa itu berlangsung, namun kami tetap khawatir akan ada gempa susulan," ucapnya.

Sementara itu, BMKG melansir gempa Jawa kembali terjadi. Kali ini gempa berkekuatan 5,7 SR terjadi sekitar pukul 07.22 WIB dengan pusat gempa berlokasi di yang berlokasi di 8,09 Lintang Selatan (LS) - 106.76 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman episentrum gempa 10 km, 129 km barat daya Garut, Jabar.

Guncangan gempa terasa hingga ke Sukabumi dan tidak berpotensi tsunami. Walaupun getarannya tidak terlalu kencang, tetapi cukup membuat warga panik.

(RN)


 
BERITA TERKINI

#HEADLINE


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan