NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Internasional

Hamas Bersumpah Balas Serangan Israel yang Tewaskan 2 Warga Palestina

Senin, 11 /12/ 2017 11:57:50 11524 Pembaca  

Foto: Dok. REUTERS/Mohammed Salem
Foto: Dok. REUTERS/Mohammed Salem

Transsulawesi.com, Gaza - Kelompok sayap militer Palestina Hamas bersumpah akan membalas serangan-serangan udara Israel di Jalur Gaza beberapa hari lalu. Dua warga Palestina tewas dalam serangan udara Israel tersebut.

"Israel akan membayar atas pelanggaran aturan keterlibatan dengan perlawanan di Gaza," demikian disampaikan kelompok Ezzeddin al-Qassam Brigades yang merupakan sayap militer Hamas.

Dua warga Palestina tewas pada Sabtu (9/12) ketika pesawat-pesawat tempur Israel melancarkan serangan-serangan di wilayah Jalur Gaza. Militer Israel menyatakan serangan udara itu dilakukan sebagai respons atas serangan roket dari Gaza.
 

"Hari-hari mendatang akan membuktikan pada musuh bahwa dia telah membuat kesalahan besar dan salah perhitungan mengenai tekad perlawanan," demikian disampaikan Ezzeddin al-Qassam Brigades dalam statemen seperti dilansir kantor berita Turki, Anadolu Agency, Senin (11/12/2017).

Serangan udara tersebut dilancarkan Israel di tengah ketegangan terkait pengumuman Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengenai pengakuan negaranya atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Dalam pidatonya pada Rabu (6/12) waktu setempat, Presiden Trump secara resmi mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Pengumuman itu disampaikan meski para pemimpin dunia sebelumnya telah mengingatkan, bahwa langkah tersebut akan memicu gelombang kekerasan baru di kawasan Timur Tengah.

Dalam pidatonya di Gedung Putih tersebut, Trump menyatakan bahwa pemerintahnya juga akan memulai proses pemindahan Kedutaan AS di Tel Aviv ke Yerusalem. Proses pemindahan tersebut diperkirakan akan berlangsung beberapa tahun.

"Saya telah memutuskan bahwa inilah waktunya untuk secara resmi mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel," ujar Trump dalam pidatonya seraya mengatakan bahwa dengan langkah ini, dirinya menepati salah satu janjinya saat kampanye pemilihan presiden.


(ita/dtc)

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan