NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Politisi Nasdem Dan LIPI Gagas Kebun Raya Sulteng

Metro Sulawesi Rabu, 06 /12/ 2017 03:55:52 369 Pembaca  

Kebun Raya di Purwodadi. Ilustrasi
Kebun Raya di Purwodadi. Ilustrasi

Transsulawesi.com, SIGI - Politikus dari Partai Nasdem di Komisi VII Bidang Energi Sumber Daya Mineral DPR Ahmad M Ali bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menggagas pembangunan kebun raya di Sulawesi Tengah.

Kesamaan gagasan tersebut terungkap dalam diseminasi ilmu pengetahuan dan teknologi LIPI tentang Pengenalan Konservasi dan Pengembangan Potensi Daerah di Desa Kota Rindau Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi, Selasa.

Kepala Subbidang Perencanaan Pengembangan Kawasan Konservasi Tumbuhan Ex Situ LIPI Danang Wahyu Purnomo mengemukakan di Sigi, Selasa, pembangunan kebun raya menjadi salah satu program LIPI.

"Sulawesi Tengah belum memiliki kebun raya seperti beberapa daerah lain di Indonesia, karena itu perlu didorong pembangunan Kebun Raya Sulteng," ungkap Danang Wahyu Purnomo.

Di Indonesia terdapat 27 kebun raya, satu di antaranya yakni Kebun Raya Bogor.

Provinsi Sulawesi Tengah, sebut Danang, belum memiliki kebun raya yang memberikan dampak besar terhadap beberapa aspek.

"Daerah-daerah di Indonesia akan semakin membutuhkan pembangunan ruang terbuka hijau dalam berbagai bentuk. Kebun raya menjadi salah satu solusi untuk mewujudkan ruang dan akses ramah lingkungan," ujarnya.

Pembangunan kebun raya sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas konservasi dan lingkugan disetiap daerah.

Bahkan kebun raya, urai dia, sebagai salah satu solusi dan upaya mensinergikan antara ekonomi dan konservasi, pendidikan dan lingkungan, serta pariwisata dan jasa lingkungan.

Sementara itu Anggota Komisi VII DPR Ahmad M Ali sepakat dengan konsep kebun raya untuk Sulawesi Tengah.

Karena itu Ahmad M Ali bersedia mewakafkan lahan milik pribadinya yang di kelola oleh DPW Nasdem Sulteng seluas 25 hektare di Desa Tibo Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala.

"Lahan ini merupakan lahan pertanian yang didalamnya terdapat berbagai komiditas unggulan, di kembangkan oleh DPW Nasdem Sulteng," ujarnya.

Selain lahan tersebut, DPW Nasdem Sulteng juga memiliki lahan pertanian di Kecamatan Dolo untuk perkebunan buah naga seluas kurang lebih 14 hektare, lahan pertanian dan perkebunan di Kecamatan Kulawi seluas kurang lebih 20 hektare dan di Desa Pombewe Kecamatan Biromaru Kabupaten Sigi.

(MH)

Antarasulteng.com


 
BERITA TERKINI

#HEADLINE


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan