NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Heboh Emak-Emak Sumpah Pocong demi Sapi

Peristiwa Selasa, 05 /12/ 2017 07:06:37 1227 Pembaca  

Transsulawesi.com, Jeneponto - Warga Kecamatan Kelara, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, dihebohkan aksi salah seorang ibu rumah tangga yang nekat melakukan sumpah pocong agar sapi peliharaannya yang sempat hilang kembali ke tangannya.

Cerita ini berawal saat Udin Tudeng (29) menemukan seekor sapi pada Selasa, 28 November 2017. Sapi itu kemudian diklaim oleh dua orang warga, yakni Johari, seorang ibu rumah tangga berusia 40 tahun, dan Juddin, seorang petani berusia 25 tahun.

Aparat kepolisian kemudian mengamankan sapi temuan Udin Tudeng karena khawatir terjadi pertikaian antara Johari dan Juddin. Keduanya yakin bahwa sapi itu adalah sapi milik mereka masing-masing.

"Sapi itu kita diamankan di Polsek Kelara untuk sementara," Kata Kapolres Jeneponto, AKBP Heri Susanto, Jumat, 1 Desember 2017 malam.

Johari kemudian ngotot kalau sapi yang ditemukan oleh Udin Tudeng adalah sapi miliknya berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki sapi muda berwarna cokelat itu.

"Johari ngotot kalau sapi itu miliknya, demikian pula Juddin. Tapi saking ngototnya Johari meminta untuk dilakukan sumpah pocong," terang Heri.

Sumpah pocong pun dilakukan untuk membuktikan bahwa sapi itu benar milik Johari. Sumpah pocong itu berlangsung pada Kamis, 30 November 2017, sekitar pukul 14.30 Wita di Masjid Syahru Ramadhan, Jalan Pahlawan, Kelurahan Tolo, Kecamatan Kelara, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Prosesi Sumpah Pocong

Sebelum sumpah dilangsungkan, Johari terlebih dahulu mengenakan kain kafan bak jenazah yang hendak dikuburkan.

"Prosesi sumpah pocong itu dipimpin oleh Ustaz Abdul Kadir Tompo, dengan pembacaan surah Yasin," terang Heri.

Prosesi sumpah itu berlangsung aman dan kondusif. Meski banyak masyarakat yang memadati Masjid Syahru Ramadhan untuk menyaksikan sumpah pocong yang dilakukan oleh Johari.

Aksi sumpah pocong Johari pun berbuah manis. Juddin mengalah dan menyerahkan sapi itu kepada Johari. "Warga setempat juga sepakat bahwa sapi itu adalah milik Johari," Heri Susanto memungkasi.

(Ikh)

Liputan6


 
BERITA TERKINI

#HEADLINE


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan