NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Touna Akan Aktifkan Tempat Pelelangan Ikan

Ekonomi Kamis, 16 /11/ 2017 16:05:50 15715 Pembaca  

 Rahmat Basri, SIp, MSi
FOTO: IST
Rahmat Basri, SIp, MSi FOTO: IST

Transsulawesi, Ampana - Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una, akan mengoptimalisasi tempat pelelangan ikan (TPI) sebagai pusat penjualan hasil tangkapan nelayan, guna menjaga stabilitas harga ikan tangkap dan membantu meningkatkan kesejahteraan nelayan.

Sekretaris Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) Kabupaten Touna Rahmat Basri, SPi, MSi mengatakan selama ini keberadaan Gedung TPI yang dibangun sejak tahun 2012 di Desa Labuhan, belum difungsikan dengan optimal. 

Olehnya, melalui program Bupati Touna Muhammad Lahay menjadikan Touna Hebat salah satunya mendorong sektor perikanan dan kemaritiman. Maka Gedung TPI efektif akan diaktifkan pemanfaatannya pada awal tahun 2018, untuk menggerakan ekonomi nelayan.

"Tak hanya memfungsikan gedung TPI, tapi juga memberi pengetahuan kepada para nelayan, pengusaha ikan dan pemilik kapal tangkap tentang fungsi TPI dan tata cara pelelangan ikan yang selama ini belum mereka pahami dengan baik," kata pria yang akrab disapa Mat Basri itu, Kamis 16 november 2017.

Sosialisasi tentang tata cara pelelangan ikan kepada para nelayan, pengusaha ikan dan pemilik kapal telah dilakukan Dinkanlut, Selasa 14 november lalu di Gedung TPI Desa Labuhan yang dihadiri juga oleh perwakilan polisi perairan dan Kejaksaan Negeri Ampana.

"Dalam sosialisasi itu, kita selain memberikan pengetahun tentang tata cara pelelangan ikan dan pemfungsian kembali gedung TPI, juga memberikan sosialisai pencegahan dan hukuman bagi para pelaku Illegal Fishing yang disampaikan oleh Polair dan Kejari Ampana," ujarnya.

Melalui TPI, pengelola bisa menjaga kestabilan harga ikan saat pelelangan. Sehingga nelayan tidak menjual hasil tangkapannya langsung ke tengkulak.

"Di saat harga rendah, nelayan selalu mengandalkan tengkulak untuk menjual hasil tangkapan. Karena mereka ingin langsung mendapatkan keuntungan cepat yang akhirnya malah ketergantungan," ungkapnya.

Dia berjanji, Diskanlut nanti akan mengawasi fungsi TPI dengan baik agar maksimal dan bisa diandalkan  oleh nelayan. "Keuntungan dalam TPI selain menstabilkan harga ikan juga tentu saja pendapatan asli daerah bisa lebih digali," tutupnya.

(al)


 
BERITA TERKINI

#HEADLINE


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan