NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Cahaya Terang Energi Matahari di Pedalaman Dusun Mumpe

Metro Banggai Senin, 13 /11/ 2017 02:06:38 925 Pembaca  

Anggota Polsek Bunta dibantu warga memasang lampu tenaga surya di empat titik yang mengitari dusun Mumpe
Anggota Polsek Bunta dibantu warga memasang lampu tenaga surya di empat titik yang mengitari dusun Mumpe

Transsulawesi.com, Luwuk - Berlimpahnya cahaya matahari sebagai sumber energi bersih, murah dan terbarukan menjadi solusi bagi masyarakat yang berada jauh dari akses jalur jaringan penerangan listrik. Sehingga tak ada lagi kesan warga pedalaman harus gelap dengan alasan klasik, tidak terjangkau PLN.

Benarkah? Transsulawesi.com berkesempatan mengunjungi sebuah kampung di pedalaman Banggai. Namanya Dusun Mumpe Desa Doda, Kecamatan Simpangraya, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Sejak dua malam ini, sebanyak 40 kepala keluarga (KK) di dusun ini sudah menikmati penerangan menggunakan energi listrik cahaya matahari komunal, bantuan dari Kepolisian Resor Banggai.

Mengunjungi Dusun Mumpe dibutuhkan waktu sekitar 5 jam dari Ibu Kota kecamatan Simpangraya. Dusun ini sebenarnya merupakan perkampungan suku terasing yang penghuninya sudah berbaur dengan masyarakat modern dari desa induk Doda. Tapi soal kehidupan, dari jumlah KK yang ada mereka masih bergantung dengan  alam sekitar. Mencari damar, madu dan rotan masih mereka jalani, selain berkebun.

Namun keinginan mendapat penerangan sudah diharapkan, pasalnya anak-anak mereka yang sudah mengenal bangku sekolah mengharapkan kampong mereka bisa mendapat penerangan walau hanya penerangan jalan.

Beruntung, kepekaan Kapolres Banggai AKBP Heru Pramukarno, SIK bisa memahami harapan tunas muda dari pedalaman itu. Ia pun atas nama Kepolisian Resor Banggai memberikan bantuan alat penerangan tenaga surya.

Tepatnya pada Jumat  10 Nopember 2017 bertepatan peringatan hari pahlawan, realisasi bantuan langsung diserahkan Wakapolsek Bunta didampingi Kasubsektor Simpang Raya bersama Babinkamtibmas Desa Doda kepada warga.

“Alhamdulillah bantuan sudah terealisasi, dan lampu tenaga surya sudah menyala,” ucap Kapolsek Bunta, IPTU Chandra  kepada transsulawesi.com, Minggu (12/11/2017).

Selanjutnya anggota Polisi dibantu warga Mumpe bergotong royong  memasang lampu di empat titik sekaligus, dengan jatah pencahayaan satu untuk menerangi pekarangan 10 KK .

“Lampu tenaga surya tersebut dipasang oleh Wakapolsek Bunta, Ipda Ngatimin dan Bhabinkamtibmas Desa Doda, Aiptu Basuki Rahmat Gunawan dan warga setempat di empat titik yang dianggap strategis,” Kata Chandra.

Kini mereka (warga) mengaku senang,kampung Mumpe tak lagi gelap saat malam hari. Bagi anak-anak Mumpe, Sabtu (11/11/2017) malam adalah awal penerangan dikampung mereka.

Begitupun dengan warga lainnya, mereka mengaku sangat senang, keceriaan bagi anak anak mereka sangat tampak dimalam hari. Ucapan terima kasih atas kepedulian Kapolres Banggai mulai dari penyaluran bantuan, makanan, obat-obatan, pakaian hingga penerangan takkan pernah terlupa.

“Ini sangat kami ingat, terima kasih Pak Kapolres,” kata Ulin warga Mumpe.

(zk)


 
BERITA TERKINI

#HEADLINE


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan