NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Regional

Tidak Diberdayakan Pada Festival Pulo Dua, Warga Tutup Jalan

Sabtu, 28 /10/ 2017 18:32:11 40066 Pembaca  

Sekitar tiga jam aksi protes warga dan hingga kini belum ada solusi dari pemerintah daerah maupun pihak panitia pelaksana festival Pulo dua. (Foto: Istimewa)
Sekitar tiga jam aksi protes warga dan hingga kini belum ada solusi dari pemerintah daerah maupun pihak panitia pelaksana festival Pulo dua. (Foto: Istimewa)

Transsulawesi.com, Banggai -- Ratusan warga dari tiga desa, yakni Desa Kampangar, Kuntang, dan Pulo Dua, Kecamatan Balantak Utara, Kabupaten Banggai, melakukan aksi Protes terhadap pemerintah daerah serta panitia pelaksana dalam kegiatan festival Pulo dua, Jum'at (27/10/2017). Pasalnya, warga menganggap acara tersebut tidak memberdayakan warga lokal setempat.

Warga kesal karena pihak panitia maupun pemerintah daerah menyiapkan jasa makanan katering dari luar wilayah tersebut. Padahal, warga setempat telah menyiapkan dan membuka sejumlah warung jajanan untuk pengunjung, guna mendapat penghasilan tambahan.

Warga juga mengeluhkan panitia yang tidak menggunakan warga lokal setempat untuk menjamu para pengunjung yang datang baik dari luar maupun dari dalam daerah.

“iya pak, kami warga sangat kecewa adanya kegiatan festival Pulo Dua, harusnya kami warga setempat di berikan kesempatan untuk menyiapkan jajanan bagi pengunjung, agar kami juga bisa dapat penghasilan, kasian nasi, lauk pauk yang kami sediakan untuk dijual sdh tidak laku, bahkan sudah membusuk”. Ujar Udin salah seorang warga.

Selain itu,ratusan warga juga melakukan aksi sweeping terhadap sejumlah pengunjung yang datang. Satu persatu kendaraan diperiksa oleh warga guna mencari pesanan makanan katering yang diduga telah dipesan oleh pemerintah daerah maupun pihak panitia.

“memang kami melakukan aksi sweeping terhadap pengunjung maupun kendaraan yang akan masuk dilokasi kegiatan, kami akan menahan jika kami temukan ada pengunjung yang membawa pesanan makanan katering dari luar wilayah kami”. Tambahnya.

Sekitar tiga jam aksi protes warga dan hingga kini belum ada solusi dari pemerintah daerah maupun pihak panitia pelaksana festival Pulo dua. Aparat kepolisian dibantu TNI masih berjaga dilokasi aksi dijalan pintu masuk festival.

(AB/Mhr)

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan