NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Reportase

SatReskrim Banggai Tahan Seorang Pelaku Ujaran Kebencian SARA di Facebook

Sabtu, 09 /09/ 2017 13:46:56 17824 Pembaca  

Ilustrasi Sosmed (Google)
Ilustrasi Sosmed (Google)

Transsulawesi.com, Banggai -- Satuan Reserse Kriminal (SatReskrim) Polres Banggai mengamankan satu pelaku ujaran kebencian di media sosial facebook berinisial AS (21), (2/9/2017) sekitar jam 22.00 wita di Jalan Pulau Bokan, Kelurahan Simpong, Kecamatan Luwuk Selatan.

Kapolres Banggai AKBP Heru Pramukarno SIK melalui Kasat Reskrim Akp Rizky Pratama SIK, mengatakan, pelaku menebar kebencian via medsos facebook tentang suku, ras dan agama (SARA).

“AS sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan,” ungkap Kasat Reskrim saat dikonfirmasi awak media, Kamis (7/9/2017).

Diketahui, pelaku menyebar isu SARA itu karena iseng. Namun, pelaku akan tetap diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kasat mengatakan, tindakan tegas ini dilakukan sebagai upaya melawan pihak – pihak tertentu yang sengaja memelah persatuan dan kesatuan.

Selain itu, untuk efek jerah terhadap pelakunya agar tidak lagi melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh pelaku.

Kasat menambahkan, akan masih mengembangan sejumlah kasus serupa. “ada postingan-postingan yang sudah disimpan untuk ditindak lanjuti,” tandas Kasat Reskrim.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan undang-undang nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas undang-undang nomor 11 tahun 2016 tentang informasi dan transaksi elektronik.

Humas Polres Banggai

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan