NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Peristiwa

Paus Panjang 8 Meter Terdampar di Pantai Ternate

Jum'at, 18 /08/ 2017 03:52:53 9172 Pembaca  

Ikan paus sepanjang kurang lebih 8 meter terdampar di pantai Takome, Kota Ternate, Maluku Utara, Kamis (17/8/2017)(KOMPAS.com/YAMIN ABD HASAN)
Ikan paus sepanjang kurang lebih 8 meter terdampar di pantai Takome, Kota Ternate, Maluku Utara, Kamis (17/8/2017)(KOMPAS.com/YAMIN ABD HASAN)

Transsulawesi.com, Ternate - Paus sepanjang 8 meter di terdampar di pantai Takome, Kecamatan Ternate Pulau, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Kamis (17/8/2017).

Saat ditemukan warga pesisir mamalia raksasa tersebut dalam keadaan tidak bernyawa

Dikutip dari Kompas.com, Muhlis Kao warga yang pertama kali melihat paus tersebut ia melihatnya sekitar pukul 07.00 WIT saat hendak memerika perahu.

"Saya mau cek perahu di pantai, tapi di sana saya sangat kaget melihat paus terdampar di bibir pantai," ujar Muhlis Kao.

Paus itu sontak menjadi tontotan warga. Warga dari beberapa kelurahan pun berdatangan turut melihat langsung mamalia laut itu.

"Pagi pagi saya ingin buang jaring untuk tangkap ikan di pantai, tak lama saya melihat ikan besar (paus) itu terdampar. Nah, di situ warga dari beberapa kelurahan pun berbondong-bondong datang untuk menyaksikan secara langsung ikan tersebut," kata seorang nelayan, Yatno.

Belum diketahui secara pasti penyebab paus terdampar. Namun warga menduga paus itu terdampar karena terjebak saat memburu mangsanya ketika air pasang.

Begitu air surut paus tersebut tak bisa lagi kembali ke laut dalam, warga sempat mendorong memindahkan mamalia raksasa itu ke darat namun tidak bisa.

Sebuah mobil truk juga sempat dikerahkan untuk menarik paus itu, tetapi tak berhasil juga.

Warga berharap, paus yang sudah tidak bernyawa ini terbawa oleh ombak ke laut dalam karena dikhawatirkan akan meningggalkan bau tak sedap jika tetap bertahan di bibir pantai.

(FA)

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan