NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Metro Sulawesi

Banjir Tolitoli di Lokasi Terparah Air Capai Atap Rumah Warga

Sabtu, 03 /06/ 2017 22:20:18 7882 Pembaca  

Ilustrasi: Banjir
Ilustrasi: Banjir

Transsulawesi.COM, Palui -- Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah kembali diterjang banjir, Sabtu (3/6/2017) petang tadi. Hingga mengakibatkan ribuan rumah penduduk, sarana publik dan lahan pertanian warga kembali terendam air.

Selain itu, seluruh aktivitas warga setempat lumpuh karena hampir seluruh akses jalan raya tidak dapat dilalui. Selain itu aliran listrik juga dipadamkan sejak selesai buka puasa.

Hujan pertama kali mengguyur Tolitoli sejak Sabtu siang dengan intensitas sedang. Namun semakin sore, intensitas hujan semakin tinggi sehingga air sudah mulai meluap.

Belum ada laporan korban jiwa, namun ribuan warga telah mengungsi ke dataran tinggi.

"Hingga pukul 21.30 Wita, warga masih berbondong-bondong mengungsi demi keselamatan jiwa mereka," kata Ny Asmita, salah seorang pegawai Dinas Sosial Kabupaten Tolitoli kutip Antara.

Di Kelurahan Tuweley, katanya, genangan di rumah-rumah penduduk sampai di bumbungan rumah. Warga di tempat ini sebagian besar mengungsi hanya dengan pakaian di badan.

"Tidak ada yang bisa diselamatkan di rumah," kata Asmita.

Rata-rata warga meninggalkan rumah tanpa membawa barang, kecuali baju yang dipakai, karena ketakukan akibat banjir sudah sampai di atap rumah mereka.

Banjir bandang yang melumpuhkan Kota Tolitoli, menyusul hujan deras yang turun sejak beberapa hari terakhir ini. Bahkan akibat banjir, listrik di Tolitoli saat ini padam total.

Petugas dari Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat saat ini sedang berupaya mengevakuasi warga ke tempat yang aman.

Hingga kini, hujan deras yang disertai angin kencang masih mengguyur Kabupaten Tolitoli.

(FA)
 

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan