NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

REGIONAL

Banjir Landa Tiga Desa di Kecamatan Bunta, Akses Jalan Putus

Sabtu, 03 /06/ 2017 16:45:22 11080 Pembaca  

Ratusan rumah warga terendam air (foto: zulkifli)
Ratusan rumah warga terendam air (foto: zulkifli)

Transsulawesi.COM, Banggai --Tiga desa di Kecamatan Bunta, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, terendam banjir setelah aliran sungai meluap pada Sabtu (3/6/2017) dinihari atau sekitar 01.00 wita. Tiga desa dan kelurahan itu adalah kelurahan Salabenda, Desa Hion dan Pongian.

Di Salabenda di kabarkan satu rumah warga hanyut terbawa banjir bandang dan genangan air menutupi badan jalan sejauh 1 kilometer. Luapan banjir yang terjadi saat jelang sahur itu juga merendam satu buah rumah ibadah, sehingga tidak dapat difungsikan saat shalat tarwih nanti.

Sementara di desa hion ratusan hektar kebun sawah warga dilaporkan terendam air setinggi satu meter. Menurut warga ketinggian air masih tetap dan belum ada tanda tanda surut.

Sedangkan di desa pongian warga masih mengungsi setelah banjir bandang dengan ketinggian air mencapai dada orang dewasa menerjang pemukiman mereka Sabtu dinihari tadi.

 

Hingga kini warga diliputi rasa was was, lantaran awan mendung masih menyelimuti wilayah tersebut. “Kayaknya hujan masih turun lagi, jadi ini tetap siap siap jangan sampai ada banjir susulan,” kata Jaelani warga Hion.

Akibat peristiwa ini di bebarapa titik ruas jalan utama (trans sulawesi) jebol diterjang aliran air. Di ibu kota kecamatan bunta, akses transportasi terputus total setelah badan tergali air sedalam satu meter dengan lebar mencapai 1,5 meter.

((zk/sam)

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan