NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Sepuluh Manfaat Hebat Garam Dapur

Transpedia Senin, 10 /04/ 2017 16:53:19 16470 Pembaca  

Garam ternyata punya manfaat lain selain untuk memasak. (Thinkstock/baramee2554)
Garam ternyata punya manfaat lain selain untuk memasak. (Thinkstock/baramee2554)

Transsulawesi.com, Indonesia - Garam bukan hanya sekadar penambah cita rasa dalam makanan. Lebih dari itu, garam ternyata juga punya peran penting dalam sejumlah 'pekerjaan dapur' lainnya.

Meskipun harganya termasuk cukup murah, namun ibu-ibu rumah tangga tak bisa mengabaikan pentingnya garam. Mengutip Fine Dining Lovers, ada beragam manfaat tak terduga dari penggunaan garam dapur.

1. Menguji kesegaran telur
Salah satu cara mudah untuk menentukan kesegaran telur adalah dengan merendamnya dalam air garam. Saat direndam dalam air garam, telur segar agar tenggelam ke dasar wadah.

Sedangkan telur yang tak segar atau busuk akan mengapung dalam larutan air garam.

2. Mencegah buah potong berubah warna
Beberapa irisan buah bisa berubah warna menjadi kecokelatan. Biasanya perasan jeruk nipis akan membantu mencegah irisan buah berubah warna.

Jika tak punya perasan jeruk, air garam bisa dimanfaatkan untuk mencegahnya kecokelatan.

3. Membersihkan kompor kotor
Terkadang pintu kompor seringkali kotor karena kuah masakan yang tumpah. Agar tumpahan kuah ini tak mengeras dan meninggalkan noda, lapisi pintu kompor dengan garam. Lapisan garam ini akan membantu lapisan Anda untuk membersihkan sisa makanan yang menempel di kompor.

4. Membersihkan wajan besi
Seringkali sisa masakan menempel di permukaan wajan. Sisa makanan yang menempel ini akan sangat sulit dibersihkan.

Garam adalah salah satu senjata ampuh untuk membersihkan kerak. Caranya adalah dengan menaburkan garam di atas wajan, tambahkan sedikit air, dan gosok perlahan.

5. Pengontrol hama
Kesal dengan serangga yang mengganggu? Anda bisa manfaatkan garam sebagai tembok pembatas hama. Taburkan garam di area yang diinginkan agar wilayah serangga jadi terbatas.

6. Menghilangkan noda wine
Akan sangat menyebalkan jika ada noda wine yang tumpah ke baju. Selain merusak tampilan, noda ini juga sangat sulit hilang.

Untuk menghilangkan noda ini, taburkan garam ke atas noda wine. Garam akan menyerap noda wine dan membuatnya jadi mudah untuk dibersihkan.

7. Mengempukkan daging
Rendam daging dalam air garam agar daging jadi lebih cepat empuk.

8. Membersihkan talenan
Untuk membersihkan talenan, lapisi talenan dengan garam kasar dan tambahkan perasan jeruk nipis atau jeruk lemon untuk membersihkannya.

9. Penyelamat telur rebus
Air garam akan membantu cangkang telur retak saat direbus.

10. Mengawetkan makanan
Garam adalah salah satu cara untuk mengawetkan daging dan ikan. Anda hanya perlu menaburkan garam dan ikan sebelum disimpan. Selain untuk daging, garam akan membantu Anda untuk mengawetkan buah lemon agar tak cepat mengering setelah dipakai.

 

(adjie)


 

#HEADLINE

Breaking News: Sejumlah Rumah Warga di Bunta Diterjang Gelombang Laut
BERITA TERKINI
BERITA PILIHAN

Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan