NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Internasional

Presiden Perancis Dukung Jokowi Mengenai Sawit Indonesia

Rabu, 29 /03/ 2017 21:41:05 4470 Pembaca  

Presiden Joko Widodo menyatakan, investasi itu bakal digunakan Perancis untuk meningkatkan kerja sama bidang energi, infrastruktur, dan ritel. (REUTERS/Beawiharta)
Presiden Joko Widodo menyatakan, investasi itu bakal digunakan Perancis untuk meningkatkan kerja sama bidang energi, infrastruktur, dan ritel. (REUTERS/Beawiharta)

Transsulawesi.com, Jakarta - Presiden Perancis Francois Hollande mengatakan akan mendukung Jokowi memerangi diskriminasi terhadap produk kelapa sawit Indonesia pada saat kunjungannya ke Indonesia.

"Kami memang sadar peraturan-peraturan lingkungan hidup. Perancis mendukung proses sertifikasi minyak sawit seperti sudah dilakukan untuk kayu tropis," ucap Hollande.

Perhatian ini disambut baik Jokowi. Sehingga, ia mengajukan usulan kerja sama terkait hal ini agar produk kelapa sawit Indonesia dapat melalui proses lisensi Forest Law Enforcement Governance dan Trade terhadap produk kayu.

"Saya juga telah menjelaskan, isu sustainability [keberlanjutan] kelapa sawit merupakan prioritas bagi Indonesia," ucap Jokowi.

Kedatangan Presiden Francois ke Indonesia menambah pundi investasi. Presiden Joko Widodo menyampaikan, pertemuan mereka menghasilkan komitmen baru investasi pengusaha Perancis senilai US$2,6 miliar.

"Kali ini disertai 40 pengusaha dan saya menyambut baik komitmen baru sekitar US$2,6 miliar untuk meningkatkan kerja sama bidang energi, infrastruktur, dan ritel," kata Jokowi di Istana Merdeka, Rabu (29/3).

Sebanyak lima nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) ditandatangani perwakilan kedua negara seperti kesepakatan kerja sama penguatan pertahanan, pembangunan perkotaan berkelanjutan, riset ilmiah, teknologi, dan informasi, pengaturan kemitraan Perancis-Indonesia Nusantara, dan saling pengertian di bidang pariwisata.

(adjie)

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan