NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

EKONOMI

Harga Dibawah, Bulog Kalah bersaing Beli Hasil Panen Petani

Minggu, 12 /03/ 2017 15:53:22 5854 Pembaca  

Ilustrasi memanen padi di sawah
Ilustrasi memanen padi di sawah

TRANSSULAWESI.COM, PALU -- Pihak Bulog mengaku mengalami kesulitan dalam pembelian gabah dan beras petani, khususnya di daerah Tolitoli. Hal ini diungkapkan Kepala Sub Divre Bulog Tolitoli Farid Nur.

Seperti yang dikutip transsulawesi.com dari Antara Sulteng, Farid mengatakan, "kami harus bekerja keras untuk bisa membeli karena banyak pedagang dari luar masuk ke Tolitoli membeli produksi petani," kata Kepala Sub Divre Bulog Tolitoli Farid Nur,Minggu.

Sejauh ini diketahui, pedagang luar yang datang membeli beras di Tolitoli dan Buol kebanyakan berasal dari Gorontalo dan Manado.

Mereka membeli beras petani jauh diatas pembelian Bulog sehingga petani lebih suka menjual kepada mereka.

"Inilah yang membuat Bulog sangat sulit merealisasi pembelian beras petani dengan jumlah besar,"katanya.

Bulog Tolitoli sampai saat ini baru menyerap beras petani sebanyak 50 ton. Reslisasi masih sangat jauh dari yang ditargetkan Perum Bulog Sulteng.

Namun demikian,kata dia,pihaknya terus berupaya memenuhi target pembelian dengan menjalin kerja sama kelompok tani,gapoktan dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di daerah itu.

"Kami sudah menandatangani MOu dengan kelompok tani dan BUMDES) untuk membeli beras petani di Kabupaten Tolitoli dan Buol," kata Farid.

Dia berharap dengan kerja sama itu,penyerapan beras di dua daerah tersebut bisa maksimal pada musim panen 2017 guna memenuhi target nasional di Sulteng yang. 

Sumber: Antara Sulteng

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan