NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Metro Sulawesi

Kehadiran Tenaga Kerja Asing Didemo Ratusan Warga

Rabu, 01 /02/ 2017 11:09:03 8931 Pembaca  

Ilustrasi Demo
Ilustrasi Demo

TRANSSULAWESI.COM, Morowali - Kehadiran Tenaga Kerja Asing di desa Fatufia, Kecamatan Bahodopi, Morowali, Sulawesi Tengah didemo ratusan warga yang terhimpun dalam Gerakan Rakyat Bersatu (GRB). Senin, (30/01/2017) kemarin.

Ratusan peserta unjuk rasa memenuhi jalan transsulawesi hingga menutup akses ke areal Smelter PT. Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), PT IMIP selama ini diketahui diketahui telah mepekerjakan ribuan para Tenaga Kerja Asing asal Tiongkok . Aksi yang disertai blockade jalan dengan cara bergandengan tangan menyebabkan kemacetan panjang hingga 1 kilometer, juga melumpuhkan aktifitas kenderaan perusahaan.

Para pengunjuk rasa menuntut  penegakan hukum, terkait banyaknya Tenaga Kerja Asing (TKA) yang berkerja di PT. IMIP, “dugaan kami mereka tenaga kerja illegal,” ujar Malik, kordinator aksi.

Selain itu, kata Malik, kehadiran massa juga menuntut transparansi pihak perusahaan soal data Jumlah Tenaga Kerja Asing yang sampai saat ini masih belum jelas.

Demo yang berlangsung dua jam lebih itu sempat diwarnai kericuhan dan aksi saling dorong antara pengujuk rasa dan polisi, akibatnya salah seorang peserta aksi mesti diseret aparat untuk diamankan, karena berusa menerobos pintu masuk perusahaan.

Sebelum membubarkan diri, ratusan massa berjanji akan kembali menggelar aksi serupa setelah aksi pertama mereka kemarin tidak mendapat tanggapan dari pihak perusahaan. (Ab)

 

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan