NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

REGIONAL

Berkas Kasus OTT Mantan Kadis Kelautan Siap Kejenjang P21

Kamis, 19 /01/ 2017 06:18:48 14121 Pembaca  

Ilustrasi OTT (Photo: Okezone)
Ilustrasi OTT (Photo: Okezone)

TRANSSULAWESI. BANGGAI - Berkas perkara penyidikan dugaan pungutan liar (Pungli) dengan tersangka Juanda Balahanti, mantan Kepala Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Banggai yang terjaring dalam OTT Tim Saber Pungli Polres Banggai berlanjut ke meja penyidik kejaksaan guna diteliti oleh jaksa peneliti.

Kasat Reskrim Polres Banggai AKP Egidio F Alfamar yang dimintai keterangannya oleh media melalui Kasubbag Humas AKP Wiratno Apit menerangkan, pelimpahan berkas tahap satu itu dilakukan penyidik Satreskrim setelah serangkaian penyidikan tuntas dilakukan.

“Dengan adanya pelimpahan berkas tersebut maka penyidik akan menunggu hasil penelitian berkas yang dilakukan Jaksa peneliti Kejari Banggai.” Ujar AKP Wiratno.

Pada kelanjutannya, jelas Wiratno, jika nanti masih ada petunjuk yang dicantumkan dalam surat P19, maka akan segera dipenuhi penyidik, namun apabila berkas perkara dinyatakan telah lengkap atau P21, Tersangka dan barang bukti langsung diserahkan guna dilakukan penuntutan.

“Benar berkas perkaranya sudah kita tahap satu ke Jaksa peneliti Kejari Banggai untuk selanjutnya diteliti, jika nanti masih ada kekurangan dalam berkas itu maka akan kita lengkapi, namun jika dinyatakan lengkap maka akan kita serahkan tersangka dan barang bukti untuk dilakukan penuntutan” tutur AKP Wiratno Apit.

Diketahui tersangka Juanda Balahanti diduga melakukan permintaan uang pelicin dari kelompok nelayan Desa Poh Kecamatan Pagimana.

Hasil OTT, dari tangan tersangka, polisi mengamankan barang bukti berupa uang sejumlah Rp 3.900.000. Ditenggarai permintaan uang oleh JB sebagai alasan untuk memuluskan proposal pengadaan perahu bantuan Kementerian Kelautan di Jakarta yang bakal disalurkan tahun mendatang. (FA)

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan