NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Metro Sulawesi

Oskar Paudi Masuk Bakal Calon Pengganti H. Sudarto

Sabtu, 07 /01/ 2017 02:21:57 5687 Pembaca  

Oskar. R Paudi
Oskar. R Paudi

SULTENG, Palu - Pasca penetapan calon pengganti wakil gubernur Sulawesi Tengah,Almarhum H. Sudarto, saat ini telah memasuki tahap pengajuan nama bakal calon dari partai pengusung ke tim koalisi. Yang kemudian digodok untuk ditetapkan mendampingi Gubernur Longki Djanggola .

Dari empat partai pengusung (Gerindra, PAN, PKB dan PBB), Partai Amanat Nasional mengajukan dua nama bakal calon, yakni Oscar Paudi (Ketua DPW PAN) dan Lutfi Lembah (Mantan Ketua DPW PAN).

" Oskar Paudi dan Lutfi Lembah," ujar Wakil Ketua DPW PAN Sulawesi Tengah Suprapto Dg Situru di Palu.

Dia beralasan, PAN mengajukan dua nama, karena pimpinan partai politik dan keduanya memiliki kemampuan untuk menjadi wakil gubernur.

"Pasangan Longki/Sudarto kemarin itu salah satunya lahir karena pertimbangan kewilayahan antara Sulteng bagian tengah dengan Sulteng bagian timur," imbuh dia seperti dikutip Antara Sulteng

Suprapto mengatakan pula, akan tidak adil jika Gubernur Longki Djanggola dalam memutuskan pengganti wakil gubernur tidak mempertimbangkan potensi Sulteng bagian timur. 

"Ini politik. Kita harus saling memberikan kesempatan," katanya.

Terkait rencana pergantian wakil gubernur tersebut, Suprapto mengatakan rencana pekan depan DPRD provinsi akan membentuk panitia khusus sebab pembahasan pengganti wakil gubernur akan dipilih oleh anggota DPRD.

Sementara itu fungsionaris DPD Gerindra Sulawesi Tengah Alimuddin Paada mengatakan cepat atau lambatnya keputusan mengenai calon pengganti wakil gubernur tergantung partai koalisi.

"Ini semua tergantung partai koalisi. Kalau koalisi cepat menemukan kata sepakat, ya cepat juga selesai," katanya.

Alimuddin mengatakan partai koalisi sudah melakukan pertemuan dipimpin langsung ketua Gerindra yang juga Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola.

Salah satu tahapan yang akan dilalui adalah pengajuan nama-nama bakal calon oleh partai koalisi pengusung pasangan Longki/Sudarto.

Pergantian wakil gubernur dilakukan karena Wakil Gubernur Sudarto meninggal dunia pada 1 Oktober 2016 dalam usia 68,7 tahun. (Ab)

 

Komentar

BERITA TERKINI


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan