NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

NEWS MAKER

Pemilik SHM Tegas Tolak Pengembalian Batas Versi BPN

Minggu, 11 /12/ 2016 14:26:44 63390 Pembaca  


BANGGAI - Pasca pengukuran pengembalian batas Versi Badan Pertanahan RI Kabupaten Banggai, Kamis ( 8/12/2016 ), kemarin. Jamin Mokodompit pemilik Sertifikat Hak Milik (SHM) secara tegas menolak hasil yang disimpulkan BPN setempat dan tidak bersedia menandatangani Berita Acara yang dibuat pihak Pertanahan.

Pasalnya, pengembalian batas versi BPN itu, menurut Jamin sangat berbeda dengan keterangan para saksi batas maupun saksi ahli (mantan pegawai BPN) yang terlibat langsung dalam penerbitan SHM dengan Nomor 03 dan 04 Tahun 1995.

“Bagimana bisa terima keputusan BPN, sedangkan yang mereka tunjuk bukan tanah saya.” Ujar Haji Jamin sedikit kesal.

Jika sebelumnya, saksi batas dan saksi ahli telah menunjuk bahwa objek tanah di SHM Jamin Mokodompit tepat berada di areal kilang DSLNG, namun sekarang pihak BPN mengarahkan objek ditempat lain.

“Yang di ukur sangat jauh, sekitar 500 meter dari tanah saya yang sebenarnya,” imbuhnya.

Akibat itu, pengukuran pada Kamis kemarin langsung ditinggalkan pihak saksi dan pemilik. Mereka memilih keluar dan enggan menyaksikan pengukuran yang dilaksanakan BPN Banggai.

 “Tidak mungkin tanah orang saya mau akui, bahwa itu saya punya tanah,sedangkan objek tanah saya masih memiliki tanda tanda alam yang belum banyak berubah,” tutup Jamin.

Diketahui berdasarkan keterangan saksi batas maupun saksi ahli, disebutkan Sertifikat hak milik (SHM) Nomor 03 dan 04 Desa Uso Kecamatan Batui Tahun 1995, oleh mereka dipastikan mencakup zona kuning dan merah dikawasan Kilang PT. Donggi Senoro LNG (DSLNG).

Penetapan itu dilakukan untuk pengukuran pengembalian batas tanah yang dipermasalahkan, pada kasus pemalsuan surat dan penyerobotan selama tahap pembebasan lahan di lapangan Gas Donggi Senoro.( SF/Ab)

BACA JUGA:

Tuntas! Pengambilan Kordinat Objek Sengketa di Areal Kilang LNG

 

Komentar

#HEADLINE

Maruarar Sirait Minta Maaf Tak Undang Anies ke Podium Persija
BERITA TERKINI
BERITA PILIHAN

Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan