NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Tomundo : Jangan Rusak Tatanan Adat Banggai!

Metro Banggai Jum'at, 02 /12/ 2016 22:20:36 77339 Pembaca  

Tomundo Banggai, Irwan Zaman dan Jokowi pada Pagelaran Agung Keraton Sedunia.
Tomundo Banggai, Irwan Zaman dan Jokowi pada Pagelaran Agung Keraton Sedunia.

Banggai, Transsulawesi.com - Tomundo Banggai, Irwan Zaman tegas mengingatkan kepada pihak-pihak tertentu untuk tidak merusak tatanan adat Banggai yang secara turun-temurun sudah mendarah daging di setiap masyarakat adat Banggai.

Saat ditemui Transsulawesi.com, Tomundo sangat menyesalkan upaya pihak-pihak tertentu yang ingin merusak tatanan adat budaya Banggai. Walaupun begitu, Tomundo dengan arif dan bijak tidak menyebut secara jelas pihak yang dimaksud.

“Saya sungguh sedih saat ini, karena ada upaya-upaya dari pihak-pihak tertentu yang ingin merusak tatanan adat budaya yang kita cintai”. Kata Tomundo Irwan Zaman.

Saat ditanya pihak mana yang dimaksud, Tomundo hanya mengatakan pihak yang tidak paham dengan adat Banggai. “Nanti kalian juga tau pihak mana yang saya maksud, mereka itu ingin merusak adat Banggai”. Ujarnya.

Tomundo juga mengungkap bahwa upaya pihak-pihak tertentu untuk merubah tatanan adat dan budaya Banggai, berimplikasi buruk pada semangat untuk melestarikan budaya masyarakat adat Banggai.

Tomundo memberi contoh, proses “Ritual Tumpe” tahun ini tidak seperti adabnya. Karena Ia bisa saja tidak bisa hadir dalam proses penerimaan tamu dan pembagian telur yang di antarkan ke Keraton Banggai.

Pada akhir, Tomundo mengatakan apa yang terjadi merupakan sebuah penistaan kepada Adat Budaya Banggai, begitu juga dengan Keraton Banggai.

(adjie)


 
BERITA TERKINI

#HEADLINE


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan