NEW EDITION
    Voice of East Sulawesi

Ibu Kota Sultim di Luwuk Ditentang

Reportase Kamis, 08 /09/ 2016 10:24:40 82784 Pembaca  

FOTO: Dok. Humas Polda Sulteng
FOTO: Dok. Humas Polda Sulteng

POSO - Rencana pemekaran (DOB) Sulawesi Timur dengan menempatkan Ibu Kota di Luwuk Kabupaten Banggai tidak semulus yang di bayangkan, pada Selasa (06/09/16) masyarakat kabupaten Poso melakukan aksi penolakan tersebut.

Aksi Damai yang tergabung dalam Masyarakat Kabupaten Poso dan Mahasiswa menduduki kantor DPRD setempat, selain menolak ibukota di Luwuk , Massa juga tidak terima Kabupaten Poso dikeluarkan dari agenda Pemekaran Provinsi Sulawesi Timur (Sultim).

Safril Sa’adu Korlap dalam aksi itu meyakinkan akan terus memperjuangakan Kabupaten Poso untuk menjadi ibu kota Prov.Sulawesi Timur.

“Kami memohon agar Pimpinan DPRD dan Pemda KabupatenPoso agar bisa mengajak Kabupaten Touna, KabupatenMorowali, dan KabupatenPoso Morowali utara untuk bergabung dengan KabupatenPoso untuk membentuk kembali Provinsi Sulawesi Timur dan ibukotanya adalah Kabupaten Poso, Dan berharap kiranya agar DPRD KabupatenPoso dapat menindak lanjuti tuntutan kami ini. “ ungkapnya dihadapan Anggota DPRD dan sejumlah pejabat daerah.

Dalam aksi itu juga massa membagi bagikan selebaran berisi tuntutan yang tidak dapat ditawar lagi.

  1. Mendesak kepada Gubernur Sulteng dan DPRD Prov.Sulteng di Palu agar mencabut kembali hasil peripurna DPRD Prov.Sulteng yang telah merekomendasikan KabupatenLuwuk menjadi ibu kota Prov.Sulawesi Timur.
  1. Apabila KabupatenPoso bukan menjadi ibu kota Prov.Sulawesi Timur maka KabupatenPoso tidak akan bergabung dengan Prov. Sulawesi Timur , karena bertentangan dengan semangat pembentukan daerah otonomi baru (DOB) yaitu pendekatan pelayanan masyarakat.
     
  2. Meminta kepada bapak Bupati dan wakil Bupati Poso serta pimpinan DPRD KabupatenPoso, apabila pint 1 dan 2 tidak terpenuhi kami meminta agar pembicaraan masalah Sulawesi Timur di hentikan dan segera melakukan komunikasi dengan pemerintah Kabupaten Touna, KabupatenMorowali, dan KabupatenMorowali Utara untuk melakukan pembentukan Provinsi baru.
     
  3. Pertemuan akbar untuk membicarakan Provinsi baru agar di lakukan di Kabupaten Poso sebagai Kabupaten induk dari ketiga kabupaten tersebut.

    SF/ab

 
BERITA TERKINI

#HEADLINE


Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan